by

Ikatan Keluarga Walak Jayapura Rayakan Natal dengan Semangat Selamatkan Generasi Walak

-Daerah, Rohani-1,057 views

KOPI, Jayapura – Ikatan Keluarga Walak (IKWAL) Wilayah Jayapura tahun 2020 Merayakan Natal bersama dilakukan pada. Selasa, 08 Desember 2020, di Aula STAKIN Sentani, Jl. Raya Sentani, Kelurahan Henekombe, Kabupaten Jayapura Papua. Panitia mengundang seluruh masyarakat dari Suku Walak yang berdomisili di tiga Kabupaten, Yakni Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura dan Kabupaten Keerom yang tergabung dalam Organisasi Ikatan Keluarga Walak (IKWAL).

Dalam kegiatan Natal Ikatan Keluarga Walak ini turut hadir Presiden GIDI, Pdt. Dorman Wandikbo, S.Th beserta istrinya, beberapa Hamba Tuhan, para Kader/Intelektual, Penasehat IKWAL, Mahasiswa, Pemuda, awak media dan seluruh Masyarakat Walak wilayah Jayapura.

Kegiatan Natal yang dihadiri kurang lebih 500 orang ini dilakukan dalam suasana penuh sukacita dan kekeluargaan serta rasa syukur yang tak terhingga kepada Tuhan Yesus Kristus karena atas kelahiranNya kegiatan Natal Ikatan Keluarga Walak ini dapat dilakukan dengan aman dan kondutif.

Perayaan Natal IKWAL dapat diawali dengan doa, puji-pujian dan tarian budaya yang dilakukan oleh anak-anak sekolah dari Suku Walak. dilanjutkan dengan penyampaian Firman Tuhan Oleh Presiden GIDI, Pdt. Dorman Wandikbo, S.Th, yang disampaikan dalam Injil Lukas 19: 1-10 tentang Zakheus, ada tiga hal pesan penting yang disampaikan dalam firman Tuhan yaitu pertama Korbankan waktu untuk Tuhan, kedua Menanggalkan harga diri untuk Tuhan dan yang ketiga Hal Memberi Panitia dan seluruh masyarakat Suku Walak yang hadir dalam kegiatan Natal ini sangat diberkati melalui Firman Tuhan.

Setelah acara Natal selesai ditutup dengan doa, dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Pertama, sambutan disampaikan oleh Ketua Panitia Natal IKWAL, Bapak Ev. Buanius Karoba, S.Th didampinggi Sekretaris Sem Gombo, S.Kom dan Bendahara Ev. Wempi Mabel, S,Th. Pesan singkat yang disampaikan ketua panitia bahwa sebagai rasa syukur pertama, kita muliakan Tuhan karena apa yang terjadi kegiatan Natal hari ini semua karena berkat dan campur tangan Tuhan sehingga hari ini kita semua bisa berkumpul dan menyaksikan kegiatan Natal IKWAL yang dapat berjalan dengan aman dan konduktif hari ini.

“Secara khusus kami panitia hormati yang terhormat Presiden GIDI Pdt. Dorman Wandikbo, S.Th, Panitia mengucapkan terima kasih kepada Penasehat IKWAL, Kader dan Seluruh masyarakat walak yang turut mengambil bagian demi mensukseskan kegiatan Natal Ikatan Keluarga Walak wilayah Jayapura hari ini, akhir kata atas nama panitia kami ucapkan Selamat Natal 25 Desember 2020 dan memasuki tahun baru 01 Januari 2021,” kata Ev. Buanius Karoba.

Selanjutnya pesan singkat yang disampaikan Presiden GIDI, Pdt. Dorman Wandikbo, S.Th. “Yang pertama saya ucapkan terima kasih kepada Panitia Natal yang bisa mengumpukan kami Natal bersama di tempat ini, saya berharap kepada pengurus IKWAL Wilayah Jayapura semangat ini terus dipertahankan dan selanjutnya saya mengajak kepada seluruh masyarakat Suku Walak mari kita kerja kebun yang banyak untuk mengatasi ketahanan pangan dan mempertahankan nilai pangan lokal untuk mengantisipasi krisis pangan ke depan,” tegas Dorman.

Ev. Amos Gombo, S.Th selaku Wakil Ketua Badan Pengurus Wilayah Ikatan Keluarga Walak wilayah Jayapura menyampaikan terima kasih pertama kepada Tuhan. “Dan selanjutnya kepada Panitia, Kader/Intelektual dan seluruh masyarakat, lebih khusus kepada Presiden GIDI Pdt. Dorman Wandikbo, S.Th, yang mana telah meluangkan waktu bersama keluarga melakukan kegiatan Natal IKWAL bersama di tempat ini kiranya Tuhan akan memberkati dalam tugas dan pelayanannya, kami BPW IKWAL berharap kepada panitia mohon terus mengawal tahun depan dalam kegiatan MUA nanti,” ujar Amos Gombo.

Suku Walak adalah salah satu Suku dengan jumlah populasi cukup besar dari suku-suku lain yang ada di Papua dengan bahasa daerah dan kultur budaya yang berbeda. Orang walak sangat keras berprinsip dan konsisten. Suku Walak sangat berbeda dengan suku-suku lain di Papua. Masyarakat Suku Walak berada antara Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mamberamo Tengah di Pengunungan Tengah, Papua.

Kegiatan Natal Suku Walak yang tergabung dalam Ormas Ikatan Keluarga Walak (IKWAL) sering dilakukan setiap bulan Desember tiba, tanggal 16 Desember 2020 menjadi tanggal rutinitas Natal IKWAL. Rencana Natal IKWAL pusat diadakan pada tanggal 16 Desember 2020 di Distrik Onggabaga Kabupaten Jayawijaya Papua.

Namun keluarga besar IKWAL wilayah Jayapura tidak mau ketinggalan. Oleh sebab itu atas keputusan penasehat IKWAL di Jayapura akhirnya terbentuklah kepanitian Natal IKWAL Wilayah Jayapura tahun 2020. Maka terlaksanalah kegiatan Natal IKWAL Wilayah Jayapura di Sentani, Selasa kemarin 08 Desember 2020.

“Dengan harapan panitia semoga melalui natal IKWAL ini dapat menyelamatkan generasi walak kedepan dan melalui Natal ini pula Keluarga Walak yang ikut hadir dapat diberkati melalui Firman Tuhan yang luar biasa yang disampaikan dari Presiden GIDI Pdt. Dorman Wandikbo, S.Th,” pungkas Amos Gombo. (SG/Red)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA