by

Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas Pewarta Warga, PPWI Gelar Diklat Jurnalistik

KOPI, Tangerang – Kepedulian Ketum PPWI, Wilson Lalengke, terhadap jurnalistik sangat luar biasa. Hal ini dibuktikan dengan mengadakan kegiatan pelatihan jurnalistik dasar bagi para jurnalis yang sudah berkecimpung dengan dunia kewartawanan ataupun yang bergiat dengan kegiatan tulis-menulis alias para pewarta warga. Kegiatan Pelatihan Jurnalistik Dasar ini diikuti oleh sejumlah peserta dari berbagai daerah dan media melalui Google Meet, Sabtu (09/12/2023).

Salah seorang peserta dari Tangerang Selatan, Tubagus Solehudin, mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh PPWI ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas jurnalistik para pewarta warga. Dengan kemampuan yang mumpuni, seorang pewarta warga bisa menyajikan informasi yang benar, apa adanya, lugas dan enak dibaca.

Lebih lanjut Tubagus Solehudin mengatakan dirinya sangat mengapresiasi kepedulian dari Ketum PPWI, Wilson Lalengke, karena tokoh pers nasional itu sendiri yang turun tangan memberikan materi pelatihan jurnalistik. “Ini keren banget,” ucap Tubagus.

Dia juga menambahkan bahwa diklat jurnalistik warga sangat penting. “Kegiatan pelatihan jurnalistik bagi warga sangat penting. Tidak hanya untuk meningkatkan skill menulis saja, namun lebih dari itu diharapkan menjadi saluran aspirasi yang efektif dalam pembangunan bangsa di masa depan,” tutup Tubagus Solehudin.

PPWI Wadah Silahturahmi

Sementara itu, peserta lainnya yang berasal dari Manado, Arthur Mumu, mengatakan bahwa dia ingin menambah wawasan untuk menjadi seorang wartawan yang benar dan lebih baik. “Saya ikut diklat ini untuk menambah wawasan agar menjadi seorang wartawan yang benar-benar mampu mewartakan dengan baik dan benar,” tutur wartawan yang dikenal sangat vocal itu.

Suta Widhya, peserta lainnya mempunyai motivasi yang agak berbeda. Peserta yang merupakan lawyer di Jakarta ini mengatakan bahwa dirinya mengikuti diklat karena ingin menjalin silahturahmi dengan kawan-kawan peserta lainnya. Pria yang hobi berkomunikasi dengan siapapun ini mengatakan bahwa PPWI merupakan wadah silahturahmi yang bagus untuk membangun persahabatan.

“PPWI saya lihat sebagai wadah atau sarana memperbanyak sahabat, sejak lama saya suka berteman dengan temant-teman di dunia jurnalistik, dan ingin menyelami dunia jurnalistik lebih mendalam,” ujar Advokat Suta Widhya, S.H. (TMS/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA