by

Integratif TNI-Polri Dalam Penyelesaian Masalah Papua

KOPI, PAPUA – Hingga saat ini masalah Papua belum terselesaikan dengan baik, sehingga harus memiliki konsep bagaimana penyelesaiannya karena secara de facto dan de jure, Papua merupakan wilayah Indonesia. Demikian pengarahan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, S.E., M.Si, kepada Prajurit TNI dan Polri, bertempat di Markas Kodam XVII/Cendrawasih, Papua, Jumat (08/12/2023).

Lebih lanjut dikatakan Panglima TNI bahwa permasalahan Papua yang belum selesai selama 62 tahun, perlu adanya konsep yang terintegratif. “Konsep ini harus terintegratif antara TNI, Polri, Kementerian/Lembaga, tentunya perlu adanya koordinasi yang baik, disesuaikan dengan kearifan lokal seperti yang sudah disampaikan oleh Kapolda, tidak ada letusan”, tegasnya.

Jenderal TNI Agus Subiyanto juga menegaskan kepada Komandan Satuan (Dansat) agar dapat melaksanakan koordinasi dengan berbagai institusi baik Polri maupun lembaga pemerintahan. “Laksanakan koordinasi yang baik, tujuannya adalah masalah Papua selesai dan masyarakat Papua sejahtera,” jelasnya.

Untuk menunjang kinerja prajurit, Panglima TNI menyampaikan bahwa beberapa waktu lalu telah dilaporkan kepada Presiden RI terkait kenaikan uang lauk pauk. “Uang makan operasi sudah saya sampaikan kepada bapak Presiden, atas dukungan dari Kapolri, Insya Allah nanti bulan Januari uang makan untuk personel yang tugas di lima wilayah khususnya Papua bisa disejajarkan dengan Polri”, ucapnya.

Panglima TNI juga mengapresiasi pelaksanaan tugas Prajurit TNI dan Polri dalam menjaga Papua. “Saya juga mengucapkan terima kasih apa yang sudah dilakukan oleh personel TNI-Polri, sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)nya masing-masing, sehingga Papua masih ada di dalam bingkai NKRI”, tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI memberikan bantuan kepada anak-anak keluarga prajurit TNI dan menyerahkan secara simbolis kunci kendaraan taktis lapis baja ILSV APC 4.5L kepada Komandan Sektor (Dansektor) Barat dan Timur.

Dalam rangkaian kegiatan di Papua tersebut, Panglima TNI juga melaksanakan peninjauan Bhakti Kesehatan, Deklarasi Pemilu Damai, Penyerahan Paket Natal kepada Tokoh Adat dan Penyerahan Sembako kepada perwakilan masyarakat bertempat di Lantamal X Jayapura.

tniprima

tnipatriotnkri

nkrihargamati

tnikuatrakyatbermartabat

Autentikasi: Plh Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel Sus Aidil

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA