by

Bekali Pemahaman Siwaslu dan LHP, Panwaslu Cikampek Gelar Bimtek bagi 332 PTPS

KOPI, Karawang – Panwascam Kecamatan Cikampek menggelar Bimtek bagi Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) yang diikuti 332 peserta. Hal tersebut disampaikan Ketua Panwascam Cikampek Ismuhadi, B.Sc., dalam pers release bertempat di Kantor Panwascam Cikampek beralamat di Jalan Stasiun Kebon Buah, Cikampek Barat, Karawang, Sabtu (10/2/24) pukul 17.00 Wib.

Ismuhadi menyampaikan PTPS merupakan ujung tombak dalam mengawal demokrasi dengan amanah besar untuk mewujudkan proses pemilihan yang jujur, adil dan berintegritas. “Mereka bertugas langsung di TPS dan akan berhadapan langsung dengan pemilih dan penyelenggara pemilu, oleh karena itu mereka harus benar-benar kita edukasi dan diberikan pemahaman aturan yang benar, karena ketika pelaksanaan pemungutan suara di TPS pada tanggal 14 Februari 2024,” jelasnya.

Lanjutnya, hal-hal yang tidak terduga mungkin saja terjadi seperti money politik, intimidasi, pengerahan massa yang bertujuan untuk kemenangan partai atau untuk mengacaukan keadaan TPS tersebut. “Kami membekali PTPS dengan peraturan-peraturan seperti Siwaslu dan LHP,” ujarnya.

Lebih lanjut, setelah selesai pemungutan suara mereka harus mengisi Siwaslu dan LHP Form A. Form A merupakan bukti PTPS telah melaksanakan tugas.

“Mereka akan menguraikan seluruh kegiatan sejak awal pemungutan suara di TPS mulai pukul 07.00-12.00 Wib, ditambah pemungutan suara Daftar Pemilih Khusus (DPK) dan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb),” tambahnya.

Ketua Panwascam menambahkan, Bimtek dilakukan agar PTPS tetap fokus mengawasi persiapan pemungutan suara, pelaksanaan pemungutan suara. “Di situ banyak titik rawan dalam penyelenggaraan di TPS, maka PTPS dibekali dengan peraturan dan tupoksi sesuai tugas, kewajiban dan kewenangan PTPS itu sendiri,” paparnya.

Ia mengimbau masyarakat agar ikut membantu penyelenggara pemilu dalam melakukan pemungutan suara. “Karena apa, sukses tidaknya suatu pemilu tidak hanya tanggung jawab panitia penyelenggara saja, akan tetapi menjadi tanggung jawab kita semua sebagai warga negara. Semoga Pemilu 2024 aman, sukses tanpa ekses dan kondusif,” tandasnya. (DJ)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA