by

Surah Al-Hijr: Fakta, Inti Surat, dan Manfaatnya

-Rohani-1,782 views

KOPI, Jakarta – Surah Al-Hijr (سورة الحجر) adalah surah ke-22 dalam Al-Qur’an yang Allah SWT. turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. di kota Mekah. Bernama Hijr karena mengacu pada kisah kaum Nabi Saleh atau suku Thamd yang tinggal di negeri yang disebut Hijr.  

Surah Hijr adalah salah satu surah Makkiyah (karena turun di Kota Mekkah) yang mengajarkan banyak hal kepada manusis. Allah SWT. berfirman dalam ayat ke-9 dari surah ini bahwa Allah SWT sendiri yang menurunkan Al-Qur’an dan Dia sendiri yang akan melindungi dan menjaganya dari distorsi dan perubahan.

Salah satu manfaat membaca surah Al-Hijr menurut Nabi adalah mendapatkan pahala sebanyak jumlah Muhajirin dan Ansar. Jadi marilah kita membaca surah Hijr dan mengamalkan ajarannya agar kita makmur di dunia dan di akhirat. Nah, jika Anda ingin lebih tahu tentang fakta, manfaat membacanya, dan kandungan surah Al-Hijr, simak ulasannya berikut ini.

Fakta Surah Al-Hijr

Fakta surah Al-hijr adalah merupakan surah yang ke-15 dalam Al-Qur’an.  Surah ini ada di bagian juz 14 dari 30 juz yang ada dan tergolong sebagai surah Makkiyah/Madani karena turun di kota Mekkah. Surah ini memiliki sebanyak 99 ayat dan terdiri dari 658 kata.

Manfaat Membaca Surah Al-Hijr

Membaca Al-Qur’an memang mendatangkan banyak manfaat dan pahala. Secara khusus, Diambil dari referensi Quranlite.id, ada beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan ketika membaca surah Al-Hijr. Lalu, apa sajakah manfaat itu? Berikut ulasannya.

1. Mendapatkan pahala

Orang yang membaca surah ini akan mendapatkan pahala sebanyak kaum Muhajirin dan Anshar. Nabi Muhammad SAW juga telah bersabda tentang hal ini. Oleh karena itu, mulai sekarang biasakanlah diri membaca surah ini agar mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

2. Untuk kemakmuran dalam bisnis

Membaca surah Al-Hijr juga bisa meningkatkan kemakmuran dalam berbisnis. Artinya, bisnis Anda akan menjadi semakin lancar. Bacalah surah ini sembari memohon pertolongan kepada Allah SWT. untuk mendapatkan rezeki yang lancar dan berkah.

3. Hati menjadi tentram

Membaca Al-Qur’an bisa membuat hati menjadi tenang dan tentram. Maka dari itu, jika Anda sedang gelisah dan stres karena berbagai masalah kehidupan, bacalah Al-Qur’an dengan ikhlas dan mengharap ridho AllAh SWT. setelah itu, hati dan pikiran Anda akan menjadi lebih tenang atas izin Allah SWT.

Inti dari Surat Al-Hijr

Ringkasan atau inti Surah Al-Hijr yaitu memiliki ayat-ayat tentang asal usul alam semesta dan kepercayaan kepada Allah SWT. dengan cara merenungkan penciptaan. Surah ini juga mengandung ayat-ayat yang berkaitan dengan kebangkitan dan hukuman bagi orang-orang yang zalim. Selain itu, surah ini juga berisi tentang pentingnya, keagungan, dan karakteristik Al-Qur’an.

Terdapat juga kisah-kisah yang berbeda seperti kisah penciptaan Adam, sujud para malaikat kepada Adam dan penolakan Setan untuk sujud kepada Adam, kisah Nabi Ibrahim a.s dan para malaikat yang turun kepada Nabi Ibrahim a.s untuk memberinya kabar baik, dan hukuman dari orang-orang Nabi Luth a.s dan suku Thamd.

Dengan mengetahui isi atau makna Surah Al-Hijr, maka orang yang membacanya bisa tahu sejarah kenabian dan kisah kisah terdahulu serta bisa mengambil pelajaran dari kisah tersebut. Selain itu, membaca Al-Qur’an juga bisa meningkatkan iman kepada Allah SWT.

Nah, itulah ulasan lengkap tentang surah Al-hijr, mulai dari fakta, manfaat membacanya, dan inti dari surah ini. Sekian penjelasannya dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. 

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA