by

Cara Memulai Bisnis Kuliner, Lakukan Tips Sukses ini!

KOPI, Pati – Bisnis kuliner adalah salah satu bentuk bisnis yang dapat dikatakan cukup menjanjikan. Hal ini dikarenakan makanan adalah sebagai kebutuhan pokok yang banyak dicari setiap orang. Saat ini, perkembangan kuliner semakin pesat. Tak heran banyak orang yang mencari cara memulai bisnis kuliner.

Namun, memulai bisnis kuliner bisa jadi rumit. Maka, memulai bisnis kuliner membutuhkan persiapan yang matang terutama dari segi modal usaha. Dan sebaiknya pilih lah bisnis yang sesuai dengan keahlian atau skill dan hobi serta minat, sehingga dalam menjalankan bisnis tersebut akan terasa nyaman dan tidak merasa keberatan. Satu hal yang harus dihindari dalam membuka usaha adalah hanya karena mengikuti trend dan tidak tahu cara menjalankannya.

Nah, bila Anda ingin menjalankan usaha kuliner, alangkah baiknya lakukan 8 tips sukses yang dilansir dari Gagego Media untuk memulai bisnis kuliner modal kecil untung besar bagi pemula.

1. Survei dan Riset Pasar

Survei pasar, cara memulai bisnis kuliner

Sebelum memulai bisnis kuliner di akhir tahun 2020, Alangkah baiknya lakukan riset pasar dan survei terlebih dahulu. Karena dengan melakukan survei dan riset Anda akan mendapatkan banyak informasi tentang bidang usaha yang akan dijalani. Misalnya dengan melakukan survei tentang bisnis kuliner yang cocok untuk anak muda, makanan apa saja yang paling laris dan berpotensi tinggi untuk dijual, peluang keuntungan dan kondisi di sekitar kuliner.

Nah, melakukan riset sebelum menjalankan bisnis dapat membantu Anda memulai dan membuat strategi bisnis. Termasuk dalam menemukan celah yang bisa dimanfaatkan.

Misalnya menjual makanan yang jarang dijual di kuliner atau warung terdekat. Dengan demikian, peluang keuntungan yang didapat akan semakin besar, ketimbang menjual jenis makanan yang sama dengan kuliner di tempat lain.

2. Menentukan Lokasi Bisnis

Lokasi merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan bisnis Anda. Dengan menentukan lokasi bisnis yang tepat, tentunya bisnis yang Anda jalankan akan banyak dikunjungi pengunjung. Agar bisnis Anda berjalan lancar, menguntungkan, dan dapat dicari pelanggan, carilah lokasi yang strategis.

3. Mengetahui Target Pelanggan

cara memulai bisnis kuliner , target pelanggan

Anda perlu memikirkan tentang siapa target pelanggan nantinya. Mengapa ini penting? Dengan mengetahui target pasar, Anda dapat menyesuaikan menu yang dijual, harga yang ditetapkan untuk setiap hidangan, dan beberapa aspek lainnya seperti fasilitas di kuliner tersebut.

Bisnis kuliner bisa saja sepi, jika salah dalam menentukan target pasar di tahap awal. Misalnya, jika Anda membuka kuliner di sekitar sekolah, tentunya kuliner akan sepi jika harga yang Anda tetapkan terlalu tinggi. Inilah pentingnya mengetahui pangsa pasar sebelum memulai bisnis kuliner.

4. Jenis Makanan yang di Jual

Dalam memulai bisnis kuliner, hal penting yang perlu di ketahui adalah berbagai jenis makanan yang akan di jual. Anda bisa mencoba bisnis kuliner kekinian dan unik, seperti Es kopi susu dengan gula aren, Bubble Milk Tea, ayam geprek dan lain-lain . Sudah banyak para pebisnis yang telah membuktikan dan mengakui bahwa jenis makanan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan sebuah usaha. Dan hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah citra masakan unik dan lezat yang harus bisa Anda tawarkan, karena faktor penting dalam bisnis kuliner adalah rasa. Selain itu, rasa juga bisa mempengaruhi harga makanan. Dengan begitu, Anda harus bisa membuat resep sederhana yang tidak dimiliki kuliner lain.

5. Bahan baku

Agar kelangsungan bisnis kuliner berjalan lancar tentunya sangat disarankan untuk menyediakan lebih banyak bahan baku. Maka Anda harus pandai menghitung kebutuhan bahan baku setiap hari dan dapat memastikan bahwa persediaan bahan baku lebih banyak. Mengapa? Karena itu akan sangat berguna untuk melatih sejauh mana kemampuan Anda dalam merencanakan bisnis.

6. Tenaga kerja

tenaga kerja, cara memulai bisnis kuliner

Pastikan sebelum membuka bisnis kuliner, Anda harus memiliki calon chef (tukang masak) yang handal dan masakannya enak untuk mengurusi urusan dapur terutama kebutuhan bumbu dan menu masakan. Anda juga harus belajar bekerja cepat, karena melayani pelanggan di usaha kuliner tidak bisa lambat. Layanan yang lambat akan memberi nilai negatif pada bisnis Anda. Dan jika upaya Anda konstan, maka dapat merekrut tenaga kerja yang jauh lebih terampil. Dengan begitu, bisnis Anda bisa lebih berkembang.

7. Pemasaran

Memang saat ini banyak usaha kuliner yang mulai menggunakan media sosial sebagai media promosi bahkan anda bisa mencoba bisnis kuliner online. Jadi, tidak ada salahnya jika Anda juga menganggarkan biaya untuk bisnis yang satu ini. Bukan tanpa alasan, aktivitas promosi bisa mendatangkan banyak pelanggan ke kuliner Anda. Dengan melakukan promosi yang tepat, maka keuntungan besar dapat diraih secara maksimal.

Anda juga bisa mengadakan program promosi pada momen-momen tertentu. Misalnya saat akhir tahun, pembelian makanan tertentu akan menghasilkan cashback bagi pelanggan. Promosi terbukti menjadi senjata ampuh untuk menarik pelanggan datang ke berbagai tempat usaha, termasuk bisnis kuliner.

8. Modal

Dari segi permodalan ada baiknya cara Anda dengan memulai bisnis kuliner dengan modal kecil terlebih dahulu, apabila Anda hanya punya budget yang minim. Dan Anda harus bisa menyediakannya minimal 3 bulan ke depan sebagai persiapan bisnis. Sebelumnya Anda pasti sudah mencatat semua pengeluaran dan pemasukan. Pastikan tidak kekurangan modal. Jika mengalami kekurangan modal, masih ada cara untuk menutupi kekurangan modal tersebut, misalnya dengan mencari rekanan yang bisa diajak kerja sama, meminjam ke koperasi atau bank melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk UKM, mencari investor, dan lain sebagainya.

Demikian cara memulai bisnis kuliner yg menjanjikan bagi pemula, baik kuliner kecil kecilan maupun modal besar. Semoga bermanfaat.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA