by

Susu Kedelai Tew Fu Sui, dari Tiongkok ke Bangka Belitung

KOPI, Bangka Belitung – Minuman khas satu ini pasti sudah tidak asing bagi banyak orang. Yup, minuman ini adalah Tew Fu Sui, susu kedelai khas Bangka yang memiliki citarasa khas sehingga membuatnya sedikit berbeda dari susu kedelai di daerah lain.

Tew Fu Sui atau sering disebut Fu Sui adalah minuman khas yang bergizi dan terbuat dari kacang kedelai murni. Fu Sui gemar dinikmati oleh masyarakat di Bangka Belitung khususnya Pulau Bangka. Terutama ketika sedang ingin bersantai dan meluangkan waktu bersama teman maupun keluarga. Kedai yang menyediakan Fu Sui biasanya juga menjual cemilan khas Bangka lainnya seperti otak-otak, pempek, maupun gorengan.

Kedai yang menjual Fu Sui beserta cemilan khas Bangka dapat dengan mudah ditemui di sekitaran Alun-Alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang, ibukota Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Harga dari minuman ini pun tergolong murah dan terjangkau, hanya dengan Rp 5 ribu kita sudah mendapatkan secangkir Fu Sui hangat maupun dingin.

Minuman Tew Fu Sui, seperti namanya, merupakan minuman yang berasal dari masyarakat keturunan Tionghoa. Dulu Fu Sui kebanyakan dibuat dan dikonsumsi oleh masyarakat keturunan Tionghoa, namun sekarang sudah banyak masyarakat Melayu Bangka yang juga membuat dan menjual minuman ini.

Dengan demikian, terjadilah proses akulturasi atau persilangan antar budaya Tionghoa dengan Melayu lokal dalam pembuatan minuman Fu Sui ini. Akulturasi budaya terjadi karena sudah banyak masyarakat Melayu lokal yang membuat dan menjual Fu Sui. Maka dari itu, mulai muncul varian unik dari minuman Fu Sui khas Bangka ini.

Varian tersebut merupakan rasa buah-buahan yang dikombinasikan dengan susu kedelai Fu Sui sehingga memiliki sedikit rasa manis layaknya buah. Tak hanya buah, masyarakat lokal kerap mencampur Fu Sui dengan kopi, cokelat, dan krimer kental manis sebagai tambahan rasa. Namun varian rasa baru tersebut sukar ditemui lantaran jarang ada penjual yang menyediakan minuman ini dengan beragam rasa.

Hal ini disebabkan selera masyarakat lokal sebagai konsumen lebih menggemari rasa original dari Fu Sui, sehingga varian baru dari minuman ini tidak begitu populer. Meskipun begitu, beberapa konsumen lokal terkadang sengaja memesan minuman Fu Sui yang mereka beli dengan tambahan varian rasa seperti kopi, susu cokelat, dan lainnya.

Penasaran bagaimana cara pembuatan minuman Fu Sui khas Bangka? Yuk, simak langkah-langkah berikut:

Siapkan kacang kedelai dan bersihkan dari kulitnya, kemudian cuci bersih dengan air. Rendam kedelai selama berberapa saat, lalu haluskan dengan blender.

Selanjutnya saring kedelai yang telah dihaluskan, lalu rebus dengan dengan api sedang sampai mendidih. Setelah mendidih, angkat dan Fu Sui siap dihidangkan.

Jika ingin mngkreasikan cita rasa buah, bisa dicampur dengab buah-buahan yang telah dipotong sesuai selera dan masukan ke air yang mendidih tersebut sampai masak. Fu Sui dapat dihidangkan dengan kondisi hangat ataupun dingin. (Rifky Harpada dan M Fijar Ramadhani)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA