by

Cara Menentukan Ukuran Baju dengan Tepat, yang Suka Belanja Online Wajib Tahu!

KOPI, Jakarta – Menentukan ukuran merupakan hal terpenting yang harus dilakukan sebelum membeli baju agar baju yang sudah kita beli nantinya nyaman saat dipakai dan juga terlihat bagus ketika dipakai.

Memilih ukuran baju sebenarnya merupakan hal yang sangat mudah apabila kita membeli baju tersebut secara offline dimana kita bisa mencoba masing-masing ukuran.

Namun berbeda cerita dengan membeli baju secara online dimana proses pemilihan ukuran tidak semudah ketika membeli secara offline dan membutuhkan perhatian lebih.

Kita tidak bisa mencoba masing-masing ukuran baju ketika membeli baju secara online dan ketika baju yang kita beli salah ukuran kita juga tidak bisa melakukan refund atau tukar size.

Oleh karena itu, menentukan size baju ketika berbelanja baju secara online harus dilakukan dengan teliti dan penuh perhatian agar tidak salah pilih size.

Lalu, bagaimana cara menentukan size baju yang tepat ketika berbelanja baju secara online?

Cara Menentukan Ukuran Baju dengan Tepat

Berikut ini cara menentukan size baju ketika berbelanja online yang bisa Anda tiru untuk mendapatkan size baju yang tepat dan sesuai dengan badan Anda.

1. Cari Size Chart dari Baju yang Ingin Anda Beli

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencari size chart dari baju yang ingin Anda beli untuk mendapatkan detail apa saja yang harus Anda ukur saat ingin menentukan size dari baju yang akan Anda beli.

Selain itu, size chart dari masing-masing baju juga berbeda-beda apalagi jika sudah beda brand atau produsen sehingga Anda tidak bisa menentukan size baju yang ingin Anda beli berdasarkan size chart baju lain. Contoh di konveksi baju A size M memiliki panjang baju 60 CM dan di konveksi baju B size M memiliki panjang baju 55 CM, atau konveksi A menggunakan size chart khusus untuk Europe dan konveksi B menggunakan size chart khusus untuk Asia.

2. Ukur Badan Anda Sesuai Detail Size Chart Baju yang Ingin Anda Beli

Langkah selanjutnya setelah mencari size chart dari baju yang ingin Anda beli adalah melakukan pengukuran badan sesuai detail yang ada di size chart baju yang ingin Anda beli.

Bagaimana maksudnya?

Maksudnya adalah apabila di size chart terdapat detail berupa panjang baju, lebar baju, dan lingkar dada baju maka yang harus Anda ukur adalah panjang badan Anda, lebar badan Anda, dan lingkar dada Anda.

Hasil pengukuran tadi bisa Anda tambahkan 2-4 CM sebagai toleransi ukuran untuk menghindari kebesaran atau kekecilan apabila pengukuran yang Anda lakukan kurang akurat.

3. Sesuaikan Ukuran Baju berdasarkan Bahan Baju yang Digunakan

Beberapa bahan baju memiliki kencenderungan untuk melar setelah dicuci, oleh karena itu pilihlah size yang lebih kecil dari hasil pengukuran Anda sebelumnya ketika akan membeli baju yang memiliki bahan yang mudah melar.

Penutup

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai bagaimana cara menentukan size baju yang tepat ketika berbelanja baju secara online. Semoga tutorial di atas bisa bermanfaat bagi Anda khususnya yang suka berbelanja baju di online shop.

Sekian dan sampai jumpa di artikel-artikel saya berikutnya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA