by

Rekomendasi Hasil Konferensi Nasional Ke-VIII FKUB Seluruh Indonesia Di Jayapura

KOPI, Sarmi – Ketua dan Sekretaris Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Sarmi, masing-masing Pdt. Y.A Mofu, S.Th dan Ust. A Mainatu, mewakili Forum Kerukunan Umat Beragama di Sarmi menghadiri kegiatan Konferensi Nasional Ke- VIII Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Seluruh Indonesia yang berlangsung di Jayapura-Papua, dari tanggal 23-26 Oktober 2023.

Hasil Konferensi tersebut menghasil 2 (dua) Rekomendasi Forum Umat Beragama Seleruruh Indonesia, diantaranya :

  1. Mendesak kepada pemerintah untuk melakukan percepatan proses penguatan kelembagaan payung hukum FKUB dari Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri, Nomor : 9 dan 8 Tahun 2006 menjadi Peraturan Presiden dengan melibatkan secara aktif FKUB ;
  2. Meminta kepada Pemerintah, dalam hal ini Kementrian Dalam Negeri, Kementrian Agama, Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota memberikan perhatian serius terhadap keberadaan FKUB sebagai wadah tokoh lintas agama .

Selain itu disepakati 6 (enam) point penting Kesepakatan Deklarasi PEMILU Damai Tahun 2024, Umat Beragama Seluruh Indonesia, yang ditanda tangani pada hari Selasa, tanggal 25 Oktober 2023 di Jayapura, oleh Ketua dan Sekretaris Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Indonesia, masing-masing Ida Pangelengsir Agung Putra Sukahet dan Taslim Syahlan.

Kegiatan yang sepenuhnya diinisiasi oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia tersebut bertujuan untuk Kedamaian dan Kerukunan di Tanah Air Indonesia, dilaksanakan bertempat di Hotel Suni Lake Sentani, dengan menghadirkan berbagai narasumber, diantaranya Mantan Menteri Agama, Lukman Hakim dan Duta Besar Suriname untuk Indonesia.

Untuk diketahui di Kabupaten Sarmi, keberadaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sebagaimana Keputusan Bupati Sarmi, Nomor : 188.4/141/Tahun 2022, dengan Susunan Keanggotaan diantaranya:

  1. Pdt. Y. A Mofu, S.Th
  2. Pdt. A. Wayoi, S.Th
  3. Ust. Mainatu
  4. Pdt. Petrus Hamadi
  5. RD. Yohanis Batlayeri, Pr
  6. Pdt. Lidia Suyetni
  7. Pdt. Obed Ballan, S.Th
  8. Ust. Muhamad Aspar
  9. Pdt. Mince Ayomi/Uduas
  10. Pdt. Wagimin, M.MIN
  11. Pdt. Hengki Tanto

Untuk Periode Kepengurusan Tahun 2022 – 2027. (bayom/ppwi sarmi)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA