by

TK AN-NUR Gelar Manasik Haji Tingkat TK Dan Kober

KOPI, Lampung Barat – TK AN-NUR mengadakan Pelatihan Manasik Haji tingkat Taman Kanak-kanak dan Kelompok Bermain (Kober), yang dilaksanakan di Lapangan SDN 1 Padang Tambak, Kecamatan Way Tenong, Lampung Barat, Sabtu (19/03/2022). Manasik tersebut dihadiri TK dan Kober dari dua Kecamatan yaitu Kecamatan Way tenong dan Kecamatan Pagar Dewa, serta bertujuan mewujudkan sila ketiga Pancasila yaitu Persatuan Indonesia.

Peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan manasik haji sebanyak 341 anak. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini yaitu “Melalui Peragaan Manasik Haji Paud Mari Kita Bina Generasi Berakhlak Mulia, Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri”.

Rosmawati, S.Pd.I., selaku Kepala Sekolah TK AN-NUR Padang Tambak dan juga tuan rumah dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan salah satu sarana bagi orang tua untuk memperkenalkan ibadah haji kepada anak-anak. “Ini merupakan sarana untuk memperkenalkan ibadah haji kepada anak-anak tentang rukun Islam yang ke-5 sekaligus mempererat tali silahturahmi antar lembaga TK AN-NUR dari dua kecamatan,” ujarnya.

Selanjutnya, beliau berharap melalui kegiatan ini dapat menambah pemahaman anak-anak tentang pentingnya ibadah haji.
“Kami berharap dukungan dari Pemerintah Kecamatan Way tenong agar kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya. Hal ini penting untuk memberikan Edukasi kepada anak-anak sejak dini tentang pemahaman pelaksanaan ibadah haji,” ucapnya.

Dalam sambutannya, Bambang Hermanto, S.Pd.I., M.M., selaku Camat Waytenong menyampaikan agar “Kegiatan ini bisa dijadikan momentum terutama kepada siswa-siswi TK AN-NUR untuk menanamkan serta meyakinkan bahwa menunaikan ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam dan kegiatan ini adalah miniatur pelaksanaan ibadah haji sebenarnya.”

Mengakhiri sambutannya, Camat Way Tenong mengajak kepada seluruh masyarakat, orang tua, tenaga pendidik beserta Pemerintah untuk bahu-membahu dalam memajukan dunia pendidikan khususnya pendidikan TK AN-NUR di Kecamatan Way Tenong dan Pagar Dewa, sebab dengan bekerja sama dalam kebersamaan apa yang kita harapkan inshaallah bisa tercapai.

“Pemerintah Kecamatan Way Tenong tentunya sangat peduli terhadap dunia pendidikan, hal ini selaras dengan visi dan misi Pemerintah Kecamatan Way tenong,” tuturnya.

Dalam kegiatan tersebut dihadiri Camat Way Tenong, Peratin Pekon Padang Tambak, beserta stafnya dan Ustads Syamsul Ma’arif yang memandu langsung pelatihan manasik.

“Semoga dengan pelatihan haji atau manasik haji dapat menumbuhkan semangat siswa dan orang tua untuk menunaikan ibadah haji umroh, sehingga kita dapat memiliki niat sejak dini dengan cara niat yang kuat dan berdoa kepada Allah SWT agar diberikan rizqi dan kesempatan untuk menunaikan ibadah haji umroh, selanjutnya niatkan menabung sebagai ikhtiar kesungguhan untuk beribadah karena Allah,” tutup Pak Camat. (Sahilman)

Editor: NJK