by

Bupati Jembrana Terima Kunjungan Kemendes RI

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba menerima kunjungan Kementerian Desa RI (Kemendes RI) yang diwakili PT. Narapati Indonesia, Rabu (6/10/2021), di Rumah Jabatan Bupati Jembrana. PT Narapati ditunjuk sebagai tim pendamping oleh Kemendes RI untuk memberikan pendampingan/pelatihan  bagi desa terdampak pengembangan Infrastruktur rencana Pembangunan Jalan Tol Denpasar-Gilimanuk.

Dalam pertemuan tersebut, pihak PT. Narapati, Sri mengaku, bahwa dengan kedatangannya ke Kabupaten Jembrana ini, dalam rangka bersilaturrami dengan Bupati I Nengah Tamba dalam perencanaan Pembangunan Infrastruktur Indonesia. Sesuai dengan rencana  Kabupaten Jembrana, yang merupakan salah satu Daerah yang terkena dampak dari Pembangunan Infrastruktur Indonesia berupa Pembangunan Jalan tol.

“Dampak dari Pembangunan Jalan Tol ini, tentu akan berimbas kepada masyarakat yang ada di Kabupaten Jembrana. Itulah yang akan kita siapkan pendampingannya,” ujar Sri.

Untuk mengantisipasi dari dampak Pembangunan tersebut,  Sri mengatakan bahwa akan dilakukan upaya pendampingan/pelatihan di tingkat desa. ”Kami ditunjuk oleh Kemendes RI di Jakarta untuk melakukan pendampingan/pelatihan di desa-desa yang wilayahnya terdampak dari Pembangunan Infrastruktur Indonesia (PII) itu sendiri,” ungkapnya.

Terkait dengan pendampingan/pelatihan yang akan dilaksanakan, pihaknya mengaku akan diprioritaskan untuk Pembangunan SDM Aparatur dan BUMDes. ”Kita akan klasifikasi dulu pelatihan/pendampingan itu. Kalau pelatihan untuk Aparatur Desa kita akan fokuskan terkait kebijakan desa. Sementara untuk BUMDes akan kita berikan pelatihan khususnya yang berkaitan dengan Teknologi Informasi. Ke depan kita pastikan desa dan BUMDes itu  mampu menggunakan Aplikasi Teknologi Informasi,” tegasnya.

Sementara Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengapresiasi atas kedatangan utusan dari Kemendes RI di Kabupaten Jembrana. “Tentu kami sangat senang ibu bersama rombongan (Kemendes RI) bisa berkunjung ke Kabupaten Jembrana dalam rangka melakukan pendampingan/pelatihan kepada Aparatur Desa dan BUMDes. Hal ini sangatlah kami butuhkan mengingat warga masyarakat  Kabupaten Jembrana, secara Psikis tentu merasakan dampak dari Program Pembangunan Infrastuktur Indonesia berupa Jalan Tol,” ujarnya.

Terkait dengan rencana untuk mengembangkan Akses dengan penggunaan Aplikasi Teknologi, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa, telah merencanakannya. “Rencana dari Kemendes RI untuk membangun Aplikasi berbasis Teknologi itu kami sangat setuju sekali, bahkan kami di Kabupaten Jembrana sudah merencanakan dimana setiap desa akan ada satu orang tenaga yang mengoperasikannya,” pungkasnya (AM)

Editor: NJK

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA