by

Tips untuk Siswa dalam Menghadapi UTS

KOPI, Jakarta – Ketika pertengahan semester mulai setiap siswa mulai disibukkan dengan materi-materi pembelajaran yang akan dijadikan soal dalam UTS. Di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini, UTS (Ujian Tengah Semester) masih diselenggarakan secara online. Walaupun masih tergolong baru, siswa tidak perlu khawatir karena para pengajar sudah merancang proses kegiatan belajar dengan maksimal, sehingga siswa tidak akan mengalami ketertinggalan pembelajaran. Rancangan proses kegiatan belajar yang dibuat guru akan dimasukkan ke dalam RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran

Dewasa ini para pengajar tidak akan mengalami kesulitan ketika sedang membuat RPP yang biasanya membutuhkan waktu yang cukup banyak karena memakan 10 halaman bahkan lebih per 1 RPP. Dengan adanya kurikulum sekarang guru bisa lebih mudah dalam merancang proses kegiatan belajar siswa.

Mungkin guru belum terbiasa dalam pembuatannya, maka dari itu Anda bisa melihat beberapa contoh RPP yang ada di website atau Anda bisa mengikuti beberapa pelatihan yang memberikan materi tentang pembuatan RPP atau pelatihan mengenai contoh soal akm.

Rancangan pembelajaran yang baik dapat meningkatkan kemampuan akademik siswa. Beberapa hal lain yang bisa didapatkan siswa selain meningkatnya kemampuan akademik yaitu hasil belajar siswa yang maksimal. Dengan hasil belajar yang maksimal dan keterampilan siswa yang semakin diasah, siswa dapat dengan mudah mengerjakan contoh soal AKM dan mereka bisa memiliki portofolio yang bagus sebelum lulus. Dalam pembuatan portofolio, Anda bisa melihat beberapa contoh portofolio siswa yang terdapat di laman internet.

Tips Menghadapi UTS

Kerap kali siswa merasa takut dan overthinking karena akan menghadapi UTS. Hal-hal yang memicu khawatir berlebih dan berujung stress menimbulkan efek yang buruk bagi siswa, karena mereka menjadi tidak fokus belajar dan kemungkinan besar akan jatuh sakit karena terlalu banyak pikiran. Oleh karena itu, pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai tips menghadapi UTS. Berikut penjelasannya,

1. Membuat Jadwal Belajar

Hal pertama yang bisa dilakukan siswa sebelum menghadapi UTS yaitu dengan membuat jadwal belajar. Jadwal belajar tersebut dapat membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran dengan baik. Selain membuat jadwal belajar, siswa juga harus membuat durasi waktu belajar pada setiap materi pembelajaran. Jangan menggunakan waktu yang terlalu banyak untuk membahas kembali materi pembelajaran, karena bukannya akan mendapatkan hasil yang maksimal siswa akan menjadi kelelahan yang akan mempengaruhi kondisi kesehatan siswa.

2. Mengurangi Kegiatan/Aktivitas yang Tidak Terlalu Penting

Selain membuat jadwal belajar, siswa juga memulainya dengan mengurangi aktivitas yang tidak terlalu penting, seperti bermain di sore hari. Dalam hal ini bukan berarti siswa tidak boleh bermain, tetapi lebih membatasi dirinya untuk bermain. Waktu yang dipakai siswa untuk bermain di rumah dapat mereka gunakan untuk membahas materi yang kurang dipahami maupun membahas kembali latihan soal.

3. Membuat Kelompok Belajar

Tips lain yang dapat membantu siswa untuk menghadapi UTS yaitu dengan membuat kelompok belajar. Kelompok belajar yang dibuat siswa bisa berdasarkan teman satu kelas, teman satu kelompok, teman bermain di sekolah, dan lain sebagainya. Dalam membuat kelompok belajar, ada baiknya kemampuan yang dimiliki siswa bersifat heterogen. Dengan begitu, mereka akan saling belajar dan membantu. Jika kemampuan yang dimiliki siswa bersifat homogen, maka mereka akan sibuk sendiri atau mengalami kesulitan yang besar.

4. Mengerjakan Latihan Soal UTS

Hal lain yang bisa dilakukan yaitu dengan rajin mengerjakan soal ujian sekolah. Para orangtua bisa membelikan siswa buku-buku yang berisi latihan soal untuk persiapan UTS ataupun berlangganan dengan suatu platform pendidikan yang memberikan layanan latihan soal UTS.

5. Jaga Kesehatan

Poin utama yang harus diingat siswa sebelum menghadapi UTS, yaitu menjaga kesehatan tubuh. Untuk apa rajin belajar dan memiliki persiapan yang matang jika pada akhirnya akan jatuh sakit? Oleh karena itu, dalam hal ini orangtua berperan penting dalam mengawas aktivitas dan kesehatan anak di rumah.

Demikianlah penjelasan mengenai tips-tips sebelum menghadapi UTS yang bisa diterapkan siswa. Semua tips tersebut dapat memberikan hasil yang lebih maksimal jika dijalani dengan tekun, rajin, dan diselingi dengan doa. Semoga tips ini berhasil, ya.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA