by

PPWI Laksanakan Pelatihan Dasar Jurnalistik, Antusias Para Peserta Sangat Tinggi

KOPI, Pelalawan – Persatuan Pewarta Warga Indonesia melaksanakan Pelatihan Dasar Jurnalistik secara virtual dengan menggunakan zoom meeting, pada Sabtu (28/08/2021). Kegiatan tersebut dipandu seorang moderator, Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom., yang juga seorang Dosen Ilmu Komunikasi.

Sebanyak kurang lebih 78 peserta dari berbagai daerah yang ada di Indonesia mengikuti pelatihan ini. Pelatihan dimulai pada pukul 13.15 WIB dan berakhir pukul 17.00 WIB.

Dalam pelatihan tersebut, ada beberapa narasumber yang hadir dan siap untuk memberikan edukasi mengenai ilmu jurnalistik kepada peserta, yang pertama Ketua DPN-PPWI, Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A. Beliau memaparkan materi mengenai penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar. “Seorang jurnalis harus mengerti dasar dalam penulisan sebuah berita dengan memperhatikan S+P+O+K supaya menjadi sebuah kalimat yang padu,” tuturnya.

Selanjutnya, Mung pujanarko, S.Sos., M.I.Kom., yang merupakan seorang Dosen Ilmu Komunikasi ikut juga memberikan paparan materi mengenai Quick news. Pak Pujanarko mempraktikkan langsung bagaimana cara membuat Quick news kepada peserta.

“Pembuatan Quick news harus bisa menempatkan 5W+1H pada posisi tidak masalah tidak teratur yang penting enak di baca,” tuturnya.

Pemateri yang terakhir adalah Danny P.H Siagian., SE., M.M., yang merupakan seorang Praktisi Jurnalis memaparkan materi mengenai editing berita dan ‘Jurnalistik Online’. “Tujuan dieditnya berita adalah untuk memangkas kata atau kalimat yang tidak penting,” ujarnya.

Semua peserta yang mengikuti Pelatihan Dasar Jurnalistik mendapatkan ilmu atau teknik cara menulis berita cepat, dan juga peserta mendapatkan relasi dan ilmu pengetahuan dalam penulisan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, serta sertifikat sebagai bukti apresiasi peserta dalam kegiatan pelatihan dasar jurnalistik. Para peserta pelatihan sangat antusias menyimak materi dari narasumber. (Junius Zalukhu)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA