by

PPWI Gelar Pelatihan Dasar Jurnalistik, Wilson Lalengke: Pelatihan sebagai Edukasi bagi Jurnalis

KOPI, Jakarta – Dewan Pengurus Nasional PPWI (Persatuan Pewarta Warga Indonesia) menggelar pelatihan dasar jurnalistik, yang diikuti para peserta dari Sabang sampai Merauke. Kegiatan berlangsung secara virtual melalui zoom meeting dengan tujuan memberikan edukasi kepada para peserta, khususnya Jurnalis, Sabtu (28/08/2021).

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri Ketum DPN PPWI Wilson Lalengke, S.Pd., M Sc., MA., serta para narasumber lain yaitu, Danny P.H Siagian, SE., M.M., Mung Pujanarko, S Sos., M.l.Kom., dengan pemandu acara Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom.

Dalam pemaparannya, Mung Pujanarko yang akrab disapa Kang Imung, dalam keterangannya, menyampaikan materi seputar dasar-dasar jurnalistik online. Mulai dari menulis, harus menggunakan 5W+1H, Who,What, Why, When, Where, How, dan disertakan fotografi, teknik videografi. Masih kata Pujanarko Dosen Ilmu Komunikasi dan Penulis di beberapa media, hal ini bertujuan memberikan edukasi bagi para peserta atau Jurnalis, yang artinya bukan hanya sekadar membuat berita atau konten, tetapi juga diberikan pelatihan bagaimana cara pencegahan tentang menimbulkan berita-berita palsu atau hoax.

“Dalam pelatihan ini, kita sebagai pers punya fungsi untuk mengedukasi masyarakat, untuk itu khususnya para jurnalis/wartawan, bukan hanya membuat konten saja, akan tetapi juga bagaimana melakukan verifikasi terhadap berita-berita hoax. Sambungnya, khusus para jurnalis/wartawan punya akses yang lebih untuk mendapatkan beragam informasi dari beragam platform yang sudah tersedia secara bebas, baik itu cetak ataupun online.

Kemudian, ia berharap dengan adanya edukasi dan keterampilan yang baik, untuk itu para jurnalis/wartawan mempunyai kesempatan untuk lebih produktif dalam membuat konten serta pemahaman. “Maka dalam edukasi ini, untuk dapat bisa membuat dan menyalurkan berbagai konten sehingga wartawan menjadi yang produktif dan memberikan banyak warna dalam dunia informasi, yang sesuai tupoksi dan porsinya tersebut,” terangnya.

Hal senada juga dari Praktisi Jurnalis, Danny P.H Siagian, S.E., .M.M., menjelaskan pemahaman materi Editing dan Jurnalistik Online dan berharap program Pelatihan Dasar Jurnalistik ini, dapat menjadi kegiatan dalam meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) terhadap jurnalis/wartawan. Sehingga, bisa lebih menjangkau masyarakat untuk mendapatkan edukasi yang baik tentang dunia jurnalistik dalam rangkuman teks berbentuk berita secara online.

Kemudian Danny Siagian, menambahkan, kegiatan yang digelar secara virtual ini diikuti oleh para jurnalis/wartawan dan maupun umum ini, yang digelar DPN-PPWI merupakan program bertujuan untuk memberikan secara mekanisme pengertian dan motivasi di poin-poin dasar dalam tata cara penulisan berita, baik berita serimonial, pemerintah maupun berita umum dan peristiwa. “Pelatihan dasar jurnalistik ini, tidak terbatas bagi peserta, tetapi terbuka secara umum dan diikuti para peserta dengan antusias dan konsentrasi dari tiap-tiap materi yang diberikan oleh para narsum (narasumber) baik dalam edukasi penulisan yang baik serta memaknai konsep teks berbentuk berita secara online dan cetak,” ujar Alumni PPRA-48 Lemhanas RI Tahun 2012.

Lanjutnya, secara SOP (Standar Operasional Prosedur) dengan adanya pelatihan dasar jurnalistik ini, harapannya akan berdampak pada meningkatnya SDM jurnalis/wartawan dalam menjalankan tugas dan fungsi jurnalistik sesuai dengan kode etik Jurnalistik. Selain itu, nantinya bagi aparatur baik itu dinas instansi pemerintah baik lainnya, juga bagi khalayak masyarakat publik, akan mengerti sebagai seorang jurnalis/wartawan (insan pers), dalam melakukan tugas peliputan, harus mampu membuat konsep penulisan release yang cepat, dan benar.

Begitu juga hal-hal konsep berita dalam peristiwa berita yang seimbang, dan sesuatu yang terjadi berdasarkan fakta dan dugaan, sehingga menjadi sebuah rangkuman teks berbentuk berita headline.

“Dalam hal ini kami membuka peluang seluas-luasnya kepada semua pihak dari Sabang sampai Merauke dalam mengikuti Pelatihan Dasar Jurnalistik yang di gelar oleh DPN-PPWI. Dari pelatihan ini, akan diberikan hadiah yang di sertai dari jawab-jawaban pertanyaan yang ada dari narasumber serta nantinya akan menerima piagam sertifikat.

Di samping itu, Wilson Lalengke juga menyampaikan bahwa harapan kita semua, dari pelatihan ini seyogianya dapat mendorong kemampuan dan meningkatkan kualitas menulis yang profesional dan berkompeten dalam bertugas sebagai Jurnalis,” pungkas Wilson Lalengke. (AT Lubis)

Editor: NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA