by

True or False: 4 Opini tentang Panel Surya Ini?

KOPI, Pekanbaru Kesadaran akan manfaat panel surya yang berguna untuk menghemat biaya listrik terus meningkat beberapa tahun terakhir. Hal ini dapat dilihat dengan adanya sejumlah rumah, kantor, mall, pabrik, atau hotel di kota-kota besar yang sudah memasang perangkat ini.

Keberadaan produk ini pun sudah banyak beredar di pasaran. Bahkan sejumlah penyedia sudah memasarkan perangkat ini di berbagai platform jual beli online ternama di tanah air.

Hal ini membuktikan bahwa solar panel sudah memiliki marketnya di tengah masyarakat. Berbicara soal panel surya, ada banyak sekali opini-opini entah benar atau tidaknya tapi sudah membuat orang-orang ragu atau bahkan semakin yakin untuk segera memasang perangkat ini.

Harganya Mahal

Betul. Biaya instalasi awal panel surya terbilang cukup mahal. Sebagai contoh, untuk satu set panel surya 1 KWP (kilowatt peak) dibutuhkan dana sekitar 25 juta rupiah.

Konsumen harus membeli panel, dudukan panel untuk di atap, inverter, dan baterai/aki (khusus untuk aki, produk ini hanya dibutuhkan untuk sistem off grid atau hybrid) plus biaya pemasangan. Untuk semua komponen yang diperlukan, baca detail biaya pasang panel surya.

Meskipun demikian, jika dibandingkan manfaat yang bisa didapatkan, harga yang mahal tersebut bisa terbayar lunas karena konsumen bisa menghemat biaya listrik setiap bulannya selama 25 tahun. Perlu diketahui juga bahwa umumnya, biaya yang sudah dikeluarkan ini bisa terbayar dengan sendirinya dalam 10 tahun.

Jadi di tahun ke-11 hingga tahun k-25, Anda bisa menikmati “listrik gratis”.

Atap Jadi Rusak

Salah. Apabila pemasangan diserahkan kepada vendor yang profesional, tentu mereka akan sangat hati-hati mengerjakan instalasi sehingga tidak ada kerusakan pada atap.

Sebelum pemasangan pun, mereka akan melakukan sejumlah pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan apakah atap akan baik-baik saja saat dan sesudah instalasi.

Jika kondisi atap memang tidak memungkinkan untuk dilakukan pemasangan, mereka akan memberitahukan hal ini dan tentu saja memberikan rekomendasi bagian mana yang harus diperbaiki terlebih dahulu agar nanti bisa pasang panel suryanya.

Perawatannya Gampang

Betul! Perawatan panel surya terbilang gampang karena panel-panel yang ada hanya perlu dibersihkan dari debu dan kotoran dengan menggunakan air dan kain bersih, setidaknya, 2-3 bulan sekali di musim kemarau.

Pada musim hujan, Anda tidak perlu repot-repot membersihkan panel karena panel akan bersih sendiri setelah terkena hujan.

Sementara itu, untuk peralatan lainnya (mounting, inveter, kabel, dll), tidak (atau jarang sekali) memerlukan perawatan.

Seandainya terjadi kerusakan pada panel, Anda hanya perlu mengklaim garansi karena produk ini umumnya punya jangka waktu garansi yang cukup lama. Alternatif lainnya, bisa menghubungi perusahaan yang menyediakan produk ini untuk mendapatkan pelayanan.

Izin ke PLN-nya Susah

Salah. Sebenarnya tidak susah selama Anda mengikuti semua prosedur dan melengkapi berkas-berkas yang sudah ditetapkan oleh pihak PLN.

Memang memerlukan waktu dan tenaga karena permintaan izin ini perlu dicek dan diproses terlebih dahulu. Di samping itu, jika menemukan kesulitan dalam proses pengurusannya, bisa bertanya langsung ke pihak PLN dan meminta solusi terbaiknya.

Anda bisa meminta bantuan kepada vendor dari solar panel karena perihal permohonan izin ini biasanya sudah termasuk dalam pelayanan mereka. Jadi sebelum Anda memilih vendor tertentu, pastikan Anda tanya hal ini kepada mereka jadi Anda tidak repot nantinya.

Untuk info lengkap seputar panel surya, seperti biaya, jenis, system pemasangan, dll, kunjungi AturRumah.com.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA