by

Ricuh, Demo HAM Mahasiswa Makassar

KOPI, Makassar – Peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) yang dilakukan oleh mahasiswa di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) berujung ricuh pada Senin (11/12/2023) malam kemarin. Massa aksi yang terdiri dari gabungan mahasiswa dari berbagai kampus di Makassar melempari polisi dengan batu saat mereka hendak masuk ke dalam kampus Universitas Negeri Makassar (UNM). Sebelumnya, aksi tersebut berlangsung dengan damai.

Kabag. Ops. Polrestabes Makassar AKBP. Darminto mengatakan bahwa meski massa aksi melempari polisi dengan batu beberapa kali, tidak ada yang terkena. “Massa aksi membubarkan diri sekitar pukul 18.30 Wita, namun sejumlah mahasiswa tiba-tiba melempari polisi saat hendak masuk ke dalam kampus,” ungkapnya.

Setidaknya 60 personel kepolisian dikerahkan untuk mengamankan aksi tersebut dan tidak ada mahasiswa yang diamankan. Darminto pun meninggalkan lokasi agar rekan-rekan polisinya tidak terpancing.

Kejadian ini menjadi sebuah peringatan akan pentingnya pemahaman dan penghormatan terhadap HAM. Sebagai sebuah bangsa yang bermartabat, kita semua harus memperjuangkan hak-hak setiap orang tanpa membuat kekacauan yang justru membuat keamanan dan keselamatan para pejuang masalah keadilan tersebut tidak terjamin.

Setelah kejadian ini, diharapkan seluruh pihak dapat melakukan evaluasi dan refleksi atas peristiwa-peristiwa serupa di masa mendatang agar tidak menimbulkan kerugian dan bahaya bagi semua pihak yang terlibat. “Ingat, kebebasan berekspresi selalu diiringi dengan tanggung jawab dan perilaku yang bijaksana,” tegas Darminto. (Syarif Aldhin)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA