by

Ko Sayang Sarmi, Ko Bayar Pajak: Launching Aplikasi SIMPEDA Untuk Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan

KOPI, Sarmi – Dalam rangka peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Sarmi bekerja sama dengan PT. Bank Papua melakukan Launching Aplikasi SIMPEDA untuk mempermuda Pelayanan Pemungutan Pajak Bumi dan Bangunan, bertempat di Kantor Pasar Mararena, Rabu 13 Desember 2023.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Sarmi, Yohanes Palege, S.Kom, Kepala Bank Papua Cabang Sarmi, Wakil Ketua II DPRK Kabupaten Sarmi, Marcos Kopong, Kepala Distrik Sarmi, Kemal Dimo, SP, dan Para Pelaku Usaha.

Dalam sambutannya Kepala Badan Pendapatan Daerah (BAPENDA) Kabupaten Sarmi, Yohanes Palege, S.Kom mengatakan bahwa sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Sarmi belum dikelola optimal, dikarenakan daya dukung untuk merealisasikan Peraturan Daerah Kabupaten Sarmi tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah sangat kurang, mudah-mudahan ada keseriusan para pihak agar Perda dimaksud dapat selesai sebelum jatuh tempo, 4 Januari 2024, sehingga kita akan terhindar dari sanksi administrasi yang diatur dalam undang-undang, karena bagaimana mungkin kita buat target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sarmi, Tahun 2024 sedangkan PERDAnya belum ada.

Kedepan Pemungutan Pajak dan Retribusi diupayan sudah harus Digital, artinya sudah tidak dilakukan secara manual, tetapi sudah dalam bentuk Aplikasi-Aplikasi seperti Aplikasi SIMPEDA ini, jadi Masyarakat yang tinggal di Distrik Bonggo tidak harus ke Sarmi lagi, bayar Pajak Bumi dan Bangunan tinggal lewat Aplikasi SIMPEDA. Jadi Intinya Ko Sayang Sarmi, Ko Bayar Pajak, tegas Yohanes.(bayom/ppwi sarmi)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA