by

GERSAN : “Gerakan Sadar Lingkungan”, Inovasi Aktivis Lingkungan Hidup Tn. David Saweri

KOPI, Sarmi – Apresiasi dan penghargaan patut diberikan kepada Tn. David Saweri, salah satu putera asli sarmi yang berhasil menanam Pohon Manggrove di nyare (pesisir pantai) Kota Tua Kasrem, Kelurahan Sarmi Kota- Distrik Sarmi.

Disaat Pemda Sarmi melakukan upaya Mitigasi dengan membangun tembok-tembok mencegah abrasi pantai, Tn,Saweri hanya dengan ide sederhana, secara suka rela bersama gerakan “Karya Insan Peduli Lingkungan” (KIPAS), mencoba menghadirkan kehidupan baru dipesisir pantai (nyare) Tanjung Tewen tersebut dengan menanam dan setia merawat Pohon Manggrave .

Sebuah kata bijak “Berbuatlah, maka Anda akan membuat Mungkin, Apa yang tidak Mungkin“, benar-benar dibuktikan oleh Tn.David Saweri bersama gerakan “Karya Peduli Lingkungan” (KIPAS), yaitu Pohon Manggrove yang ditanam tersebut telah tumbuh subur, yang semula diragukan dan tidak dipedulikan oleh semua pihak.

Tn.David Saweri bersama gerakan “Karya Peduli Lingkungan” (KIPAS) telah membuka mata hati kita semua, bahwa membangun SARMI tidak dibutukan RETORIKA tetapi Hati Yang Tulus untuk melihat, mendengar, dan merasakan bisikan rintihan Alam Sarmi.

Bisikan dan rintihan Alam tersebut sungguh didengar oleh Penjabat Bupati Sarmi, Markus O Masnembra, SH, MM barsama Ibu Imelda Maria Wospakrik, S.Pd, M.Si, yang hadir dan terlibat langsung dalam Aksi Penanaman 200 Pohon Manggrove di lokasi Tanjung Tewen, bersama Pemuda Karang Taruna Kelurahan Sarmi Kota dan Generasi Milenium Siswa-siswi SMP YPK Ebenhaizer Sarmi serta didukung oleh Personil Polsek dan Koramil Sarmi Kota, Sabtu 28 Oktober 2023.

Deimausake (terima kasih/bhs sobey) Tn.David Saweri bersama “Karya Peduli Lingkungan” (KIPAS) yang telah mengingatkan dan mangajak kita semua, untuk menjaga dan mencintai lingkungan tempat kita hidup, GERSAN ” Gerakan Sadar Lingkungan”, Semua Sayang Sarmi .(bayom/ppwi sarmi)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA