by

Kunker ke Singapura, Bupati Jembrana: Ini Luar Biasa

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, beserta jajaran melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Singapura, Rabu, 8 Februari 2023. Bupati Tamba amat tertarik atas keberhasilan Singapura membangun cagar alam dari pengolahan sampah. Pada kunker tersebut, rombongan Bupati Jembrana ini diterima langsung General Manager Landfill Management & Operations Departement Singapura, Desmond Lee.

Singapura adalah salah satu negara di dunia yang tergolong berhasil mengelola sampah warganya. Bahkan sampah di Singapura justru mampu dimanfaatkan secara produktif sebagai material membangun pulau buatan. Sampah yang tadinya identik dengan bau busuk, jorok, dan kumuh, kini justru mampu disulap menjadi TPA hijau dan berguna sebagai habitat berbagai jenis burung, sekaligus menjadi atraksi ekowisata.

Adapun TPA Semakau (Semakau Landfill), berlokasi sekitar delapan kilometer di bagian selatan Singapura. Area seluas 335 hektare yang menghubungkan Pulau Semakau dan Pulau Sekang tersebut beroperasi secara ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Desmond Lee selaku General Manager Landfill Management & Operations Department menjelaskan bahwa TPA Semakau dibangun sejak tahun 1999. Pembangunan berlangsung dalam dua tahap/fase dan selesai pada tahun 2015.

“Secara teknisnya, Semakau Landfill dibangun dari abu sisa pembakaran sampah kemudian ditutup dengan lapisan tanah. Sampah yang dibakar adalah jenis sampah yang tidak dapat diolah sehingga volume sampah berkurang hingga tersisa abu dari pembakaran. Volumenya mencapai 1461 ton perhari,” Jelas Desmond Lee.

Pemanfaatan sampah menjadi sistem yang produktif tersebut membuat Bupati Jembrana, I Nengah Tamba, sangat berminat untuk mengetahui dan mempelajarinya. Menurut Bupati Tamba Singapura berhasil menyelesaikan persoalan sampahnya, bahkan diolah menjadi lebih bermanfaat di tengah ketidakberdayaan beberapa daerah termasuk di Indonesia menangani persoalan sampah.

“Ini luar biasa, bagaimana Singapura mengolah sampah yang tidak dapat didaur ulang, lalu dibakar, kemudian abu dan beberapa limbah padat dikirim ke pulau buatan, sehingga pulau ini juga berfungsi sebagai cagar alam, tempat hidup burung dan satwa lainnya, sangat hijau sekali,” ujar Bupati Tamba.

Konsep tersebut, tambah Bupati Tamba, bukan mustahil bisa diterapkan di Jembrana. Persoalan sampah di Jembrana saat ini sudah mendesak di tengah kapasitas TPA Peh yang sudah over kapasitas. Bupati mengatakan bahwa Jembrana juga memiliki beberapa perairan, sehingga cagar alam buatan berbahan sampah tersebut dapat menjadi pendukung pariwisata Jembrana di kemudian hari.

“Semakau Landfill di Singapura ini salah satu solusi dan kita masih mencari beberapa alternatif lain, sehingga kita bisa memutuskan yang terbaik untuk Jembrana dalam penanganan sampah,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA