by

Bagaimana Membangun Jalan dengan Geotekstil?

KOPI, Jakarta –  Geotekstil kini menjadi salah satu material yang memiliki fungsi sangat baik untuk kontruksi jalan. Banyak dari mereka yang menggunakan geotekstil untuk membangun jalan dan alhasil memberikan fungsi yang sangat baik. Jalanan yang menggunakan geotekstil akan lebih awet dan juga tahan lama kualitasnya. Hal itu sudah dibuktikan oleh banyak orang yang menggunakan geotekstil.

Dari tahun ke tahun perkembangan teknologi semakin modern. Dengan munculnya geotekstil ini menjadikan sistem pembangunan berkelas modern bagi siapa saja yang ingin membangun jalan. Bahkan di tahun ini sudah banyak diterapkan pembangunan kontruksi jalan menggunakan GTM geoteksti woven Indonesia and geotextile non woven.Tentu akan sangat awet dan juga tahan lama keawetan dari geotekstil yang digunakan.

Membangun Jalan dengan Geotekstil

Jalan seringkali dilalui kendaraan baik itu roda dua, roda empat, ataupun kendaraan lainnya. Semakin lama tentu kondisi jalan akan semakin rusak bilamana tidak dibuat dengan baik dan benar. Berbagai macam kerusakan yang sering terjadi pada jalan seperti berlubang, bergelombang, dan lain sebagainya. Apalagi jika terjadi cuaca seperti panas, hujan dan lain-lain. Hal ini tentu akan membuat pengendara merasa kurang nyaman saat melewatinya.

Baca Juga: Jasa Backlink EDU AC.ID Berkualitas No.1 di Indonesia

Untuk mengatasi hal seperti itu, maka diperlukan pembangunan proyek yang cerdas supaya kondisi jalan benar-benar baik dan berkualitas. Bila jalan dapat dilalui dengan baik juga tidak akan membahayakan pengendaranya. Dalam keadaan apapun baik itu cuaca berat atau menampung berbagai macam benda berat tidak akan mempengaruhi kondisi jalan bilamana dibuat dengan baik.

Langkah yang efektif untuk anda lakukan adalah membangun jalan dengan geotekstil. Dengan cara ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk dilakukan. Sudah ada banyak sekali orang yang membangun jalan dengan geotekstil. Alhasil memberikan hasil yang memuaskan dan membuat nyaman para pengendara.

Cara membangun jalan dengan geotekstil dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya sebagai berikut!

  • Pemasangan

Langkah awal yang harus dilakukan adalah pemasangan geotekstil di atas tanah. Pada langkah yang satu ini harus dipastikan tidak ada gelombang. Ratakan terlebih dahulu tanah dengan menggunakan alat khusus. Selama tanah sudah rata, maka pemasangan geotekstil sudah bisa dilakukan. Dan pastikan juga geotekstil juga tidak bergelombang ketika akan dipasangkan.

Pada langkah yang satu ini harus diperhatikan dengan baik, pastikan kondisi tanah dan geotekstil sudah merata. Jika merasa ada yang masih bergelombang bisa langsung segera diperbaiki. Berbagai objek yang mengganggu bisa langsung segera untuk dihilangkan. Dengan begitu, proses pemasangan sudah bisa dilakukan .

  • Penyambungan

Metode penyambungan dapat dilakukan apabila lahan yang akan digelar geotekstil mempunyai ukuran melebihi ukuran geotekstil. Dengan langkah yang satu ini menjadi pilihan yang sangat tepat untuk anda lakukan. Anda bisa memanfaatkan teknik menjahit, yakni dengan menyambungkan antara geotekstil yang satu dengan yang lainnya supaya menjadi satu.

Dengan metode penyambungan ini akan sangat efektif untuk dilakukan supaya semua kontruksi jalan bisa dibuat secara merata. Selain itu, anda juga dapat menggunakan teknik overlapping atau menggunakan metode tumpang tindih. Sehingga, kontruksi jalan dapat dibangun dengan baik dan benar menggunakan geotekstil.

Itulah beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk membangun kontruksi jalan dengan menggunakan geotekstil. Dengan cara ini tentu akan sangat efektif karena geotekstil mampu memperkuat jalan. Sehingga akan lebih awet dan juga tahan lama bilamana menggunakan geotekstil. Pastikan anda memilih geotekstil yang berkualitas supaya hasil yang didapatkan juga berkualitas.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA