by

Hujan Deras Guyur Kawasan Puncak Bogor, Akibatkan Debit Air Sungai Ciliwung Meningkat

Kopi, Jakarta – Hujan deras yang mengguyur kawasan puncak bogor mengakibatkan debit air sungai kali ciliwung meningkat. Tinggi muka air (TMA) di bendung katulampa Bogor mencapai 130 cm dengan status siaga 3.

“Ketinggian air di bendungan katulampa pukul 18.10 WIB 130 cm, status siaga 3,” kata petugas jaga bendung katulampa bogor, Andi Sudirman, Senin (12/9/22), pukul 18.10 WIB.

Andi menyebutkan kenaikan debit Sungai Ciliwung mulai naik sejak pukul 17.50 WIB. Sebelumnya pada pukul 17.00 WIB, TMA sungai kali ciliwung di bendung katulampa masih berstatus normal dengan ketinggian 30 cm.

“Ini air baru datang tadi jam 17.50 WIB, sekarang masih di angka 130 sentimeter, tadi sore masih normal di ketinggian 30 sentimeter, langsung naik ke 130 sentimeter,” kata Andi.

Menurutnya, debit air Sungai Ciliwung diprediksi masih akan meningkat. Sebab, menurutnya, saat ini luapan sungai kali ciliwung yang datang dari Kawasan Puncak Bogor, belum sepenuhnya tiba di bendung katulampa.

“Cuaca di puncak hujan lebat, kemungkinan bertambah (volume air). Kan yang dari Cipayung belum sampai, dari Cibalok belum sampai,” jelas Andi.

Andi menyebut luapan sungai ciliwung akan tiba di kawasan hilir atau kawasan jakarta sekitar 6/8 jam ke depan. Ia mengimbau warga di sekitar bantaran sungai kali Ciliwung agar tetap waspada.

“Air tiba di jakarta sekitar 6/8 jam ke depan, diimbau untuk warga yang ada di sekitaran bantaran kali Ciliwung tetap waspada. Tidak hanya jakarta, termasuk wilayah langganan banjir di bogor juga tetap waspada,” pungkas Andi. (Sumber : DetikNews)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA