by

Tinjau Rumah Roboh, Wabup Jembrana: Bantuan Terealisasi Tahun Ini

KOPI, Jembrana – Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jembrana meninjau langsung rumah warga milik I Komang Arta yang beralamat di Banjar Tegal Asih Desa Batuagung, Jembrana, Bali, Senin (12/9/2022). Peninjauan tersebut bertujuan untuk melihat rumah warga yang ditimpah musibah.

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Jembrana mengakibatkan rumah warga roboh pada Sabtu (10/9/2022) lalu. Selain faktor hujan deras, diketahui juga struktur bangunan dan tanah yang labil juga menjadi penyebabnya.

Selain melakukan peninjauan, dalam kunjungannya tersebut Wabup Patriana Krisna menyerahkan bantuan sembako kepada korban. Kerusakan rumah yang dialami korban, Wabup langsung mencari solusi agar dapat dibantu perehaban.

Biaya perehaban dianggap mendesak mengingat bangunan roboh itu satu-satunya bangunan tempat tinggal yang dimiliki I Komang Arta. Saat ini, pemilik rumah beserta keluarga masih tinggal ditenda darurat yang disediakan Dinas Sosial Kabupaten Jembrana.

Terkait hal tersebut Wabup Patriana Krisna mengatakan bahwa “Mengingat ini sifatnya urgent karena rumah tersebut satu-satunya tempat mereka berteduh. Untuk itu kita akan berusaha semaksimal mungkin agar bantuan untuk perbaikan rumah bisa segera terealisasi,” ucap Wabup Patriana Krisna.

Lanjutnya, Wabup Patriana Krisna menegaskan bahwa untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa solusi yang bisa diambil. Diantaranya melalui bantuan bedah rumah di Dinas Pekerjaan Umum (PU) karena yang bersangkutan masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Bantuan ini bisa terealisasi tahun ini, solusi lainnya adalah berkoordinasi ke provinsi agar bisa dibantu untuk perbaikan rumah melalui anggaran BPBD,” tegas Wabup Patriana Krisna.

Wabup Patriana Krisna menambahkan bahwa Pemkab Jembrana telah memberikan bantuan berupa tenda darurat yang telah didirikan beberapa hari lalu. “Ini sebagai tempat tinggal sementara korban bersama keluarga. Selain itu, juga diberikan bantuan Sembako dari Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Jembrana,” imbuhnya.

Sementara pemilik rumah I Komang Arta menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemkab Jembrana atas bantuan yang telah diberikan. Ia berharap apa yang disampaikan terkait bantuan perbaikan rumah bisa segera terealisasi. “Semoga terkait rencana bantuan perehaban rumah yang disampaikan tadi bisa segera terealisasi,” harap Komang Arta.

Dalam peninjauan tersebut, Wabup Patriana Krisna didampingi Kepala Dinas Sosial Jembrana, dr I Gb Oka Parwata; Kepala Pelaksana BPBD Jembrana, I Putu Agus Artana Putra; Camat Jembrana I Kadek Agus Arianta. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA