by

Kabupaten Musi Rawas Masuk Program Perluasan Smart City Dari Kominfo RI

KOPI, Musi Rawas – Kementerian Komunikasi dan Informatika berencana mendorong perluasan smart city di Indonesia tahun 2022. Program Pusat ini, akan dilaksanakan di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan masuk peringkat ke-19 dalam pengembangan 50 Kota Cerdas tahun 2022 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam Program Gerakan Menuju Kota Cerdas atau Smart City.

Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud melalui Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Musi Rawas Salman Alfaresi, Kamis (21/04/2022) Mengatakan, kabupaten Musi Rawas terpilih setelah melewati tahapan asessment (penilaian) yang diikuti 200 kabupaten/kota menjadi 50 kabupaten/kota oleh tim Kemenkominfo beberapa waktu lalu.

“Atas pencapaian itu, Kabupaten Musi Rawas akan mendapat pendampingan dalam penyusunan masterplan smart city,” ungkap Salman.

Lanjut Salman menjelaskan, Dalam penyusunan rencana induk (masterplan) tersebut akan dikedepankan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam ekosistem kota cerdas, serta meningkatkan inovasi dalam berbagai program pemerintah daerah.

“Kota Cerdas bukan hanya sekadar bentuk perubahan sistem pemerintahan dalam transformasi digital melainkan untuk menciptakan daerah dengan pelayanan yang berkelanjutan. Dimana nantinya Tata kelola Pemerintahan Digital atau Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) menghadapi berbagai tantangan, seperti integrasi dan interoptabilitas data dan sistem elektronik agar tata kelola bisa lebih efisien,” jelas Salman.

Lanjut Salman mengatakan, Dalam menjadi Kota Cerdas, Pemkab Musi Rawas akan mengusung tema smart digitalisasi dan pariwisata. Karena sebelumnya sudah menjalankan Program Desa wisata dengan menguatkan strategi Pengelolaan kawasan daya tarik wisata yang jalankan oleh Dinas pariwisata.

Sementara itu, ia menjelaskan, untuk pelayanan elektronik melalui dinas-dinas seperti Disdukcapil yang melakukan pelayanan online dalam pengurusan surat menyurat. Dimana pemberian layanan adminstrasi kependudukan digital oleh Disdukcapil, serta perubahan mendasar dalam pemberian layanan kesehatan ibu dan Anak (KIA).

“Dalam waktu dekat kedepan kita akan mulai menerapkan TTE (tanda tangan elektronik) yang di utamakan tahap awalnya kepada Bupati Musirawas
Hj. Ratna Machmud Melalui pendampingan, sangat optimistis bahwa nantinya Musi Rawas benar-benar menjadi Kota Cerdas,”Ujarnya.

Ia juga menambahkan, Sehingga nantinya Dengan penguatan tata kelola, pemutakhiran teknologi dan terobosan baru. “Tantangan ini mulai bisa dihadapi secara lebih baik. Kominfo merupakan Government Chief Technology Officer dalam penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), yang diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik,”Katanya.

ia juga berharap butuh kerja sama yang baik seluruh OPD di lingkungan Pemkab Musi Rawas agar program Nasional ini dapat berjalan dengan baik.

“Bupati Musi Rawas juga sangat mendukung dengan adanya program smart city ini,”Pungkasnya. (*)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA