by

Hadiri Penutupan Pembinaan Peserta Magang, Bupati Tamba Pesan Jaga Nama Baik Kabupaten Jembrana

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana, I Nengah Tamba menghadiri penutupan acara pembinaan fisik dan mental karyawan maritime food estate kampung bahari nusantara, Senin (29/11/2021) bertempat di Pos Angkatan Laut Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali.

Program tersebut hasil kerjasama TNI Angkatan Laut dengan Pemkab Jembrana, dan PT. Aksan Putra Bahari.

Turut hadir Staf ahli Wakasal, Kolonel Marinir Helmi Hardiansah; anggota DPRD dari PKB, Sajidin; Asisten II, I Gusti Ngurah Sumber Wijaya; Asisten III, I Made Dwi Maharimbawa; Komandan Pos TNI AL, Peltu Komang Didik Wirahadi; Camat Negara, I Wayan Andy Suka Anjasmara; Perbekel Desa Pengambengan, Kamaruzzaman.

Peserta sebanyak 25 orang yang berasal dari kalangan anak muda Jembrana tersebut, dibina Fisik dan Mentalnya oleh TNI AL Pos AL Pengambengan yang nantinya akan diberangkatkan ke Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) di Kabupaten Situbondo, Jatim. Untuk mengikuti pendidikan selama 2 bulan tentang cara budidaya udang vaname.

Dalam hal tersebut, Bupati I Nengah Tamba dalam petunjuknya memberikan dukungan moril kepada 25 peserta anak muda Jembrana untuk bekerja yang baik, jangan gengsi, gali ilmu sebanyak-banyaknya, dan kemudian mandiri untuk menjadi entrepreneurship (wirausaha) sukses,” ujar Bupati I Nengah Tamba menceritakan pengalamannya sebagai direktur perusahaan selama kurang lebih 25 tahun.

Bupati I Nengah Tamba juga menyarankan kepada orang tua untuk mendukung anaknya untuk selalu memberikan motivasi mengikuti pelatihan dengan semangat, belajar yang baik, jangan kirim berita yang melemahkan semangat anak, dan berikan serta doa restunya. “Bapak, Ibu sebagai orang tua jangan mengeluh dan jangan cengeng-cengengan,” saran Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menerangkan bahwa pemberangkatan kali ini adalah yang kedua kalinya untuk peserta anak muda Jembrana ke Kabupaten Situbondo. “Dan Sebelumnya sudah pernah memberangkatkan sebanyak 25 orang peserta anak muda Jembrana ke Situbondo, mereka sudah datang dari Situbondo, dan sekarang bekerja di Kampung Bahari Nusantara di Banjar (Dusun) Pebuahan, Desa Banyubiru, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana.

Sehingga sampai saat ini tenaga kerja sudah terserap sebanyak 50 orang tenaga kerja. Adapun peserta yang 25 orang anak muda ini, nantinya akan bekerja di Kampung Bahari Nusantara tepatnya di Desa Pengambengan, Kecamatan Negara,” terang Bupati Tamba.

Bupati Tamba juga menambahkan bahwa
“Dalam kerjasama ini, Pemkab Jembrana nantinya akan ada pendapatan daerah. Dalam hal ini nanti akan melibatkan Perusda dibidang sektor pakan udang dan pembelian hasil tambak udang,” imbuh Bupati Tamba.

Dalam hal ini Bupati Tamba juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak baik TNI AL, jajaran Pemkab Jembrana dan PT. Aksan putra bahari.

Bupati tamba berpesan kepada peserta anak muda bahwa “Kalian harus jujur, harus tanggung jawab, jangan mencoreng nama Kabupaten Jembrana dan jaga nama baik Bupati Jembrana,” pesan Bupati Tamba.

Sementara itu, Daeng Husin selaku orang tua dari Rizal Ardiansyah salah satu peserta yang berasal dari Desa pengambengan yang mewakili orang tua peserta menyampaikan ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Bupati Tamba atas peluang lapangan pekerjaan kepada anak-anak kami, semoga dalam kesempatan yang diberikan ini bisa membuat anak-anak mudah bisa berkarya, dan bersemangat sehingga menjadi bahagia. Dan mohon kepada anak-anak, semua apa yang disarankan Bapak Bupati untuk diingat dan dilaksanakan,” ucap Daeng Husen.

Hal yang senada disamapikan peserta, I Kadek Indra Darmawan sebagai ketua kelompok mengatakan bahwa pelatihan selama 2 hari di Pos Angkatan Laut ini, sangat menyenangkan dan siap untuk mengikuti pelatihan selama 2 bulan di Situbondo, untuk mendapatkan ilmu dan siap bekerja,” ujar Kadek Indra Dermawan. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA