by

Berikut 6 Platform Edutech yang Menyediakan Bank Soal HOTS

KOPI, Jakarta – Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) belakangan ini menjadi topik yang banyak dibahas dalam pembelajaran di Indonesia. Pasalnya pada kebijakan kurikulum baru yang akan diterapkan pada 2021 nanti, Kemendikbud akan mendasarkan proses asesmen pada standar baru, yaitu AKM (Asesmen Kompetensi Minimum).

AKM sendiri mengukur kemampuan literasi dan numerasi siswa dengan menggunakan soal-soal kategori HOTS. HOTS memiliki dasar dari konsep tingkatan berpikir yang diperkenalkan oleh Benjamin S.Bloom pada tahun 1956 dengan 6 tingkatan level berpikir (1.Knowledge; 2. Comprehension; 3.Application; 4.Analysis; 5.Syntensis; 6. Evaluation).

Pada tahun 2001 kemudian diperbarui oleh Anderson & Krathwol menjadi (1. Remembering; 2. Understanding; 3. Applying; 4. Analysing; 5. Evaluating; 6. Creating). Adapun yang masuk dalam level HOTS meliputi nomor 4-6, sementara LOTS (Lower Order Thinking Skill) mencakup nomor 1-3.

Ciri utama soal yang berbasis HOTS adalah memiliki stimulus dan jenis pertanyaan yang berfokus pada proses analisa dan pemecahan masalah yang kontekstual.

Membuat soal HOTS yang baik tentu membutuhkan kemampuan dalam memahamai konsep dan teknik pengembangan soal HOTS. Guru juga perlu memahami tujuan asesmen dan indikator yang hendak diukur dalam menyusun butir soal. Sehingga membutuhkan proses pembelajaran dan pengalaman yang mumpuni agar bisa menghasilkan soal HOTS yang baik dan efektif.

Tetapi bagaiamana jika, Anda sebagai pendidik belum memiliki kemampuan dalam mengembangkan soal HOTS yang baik dan sesuai standar asesmen pembelajaran?. Jangan khawatir saat ini sudah banyak platformeducational technology yang menyediakan bank soal baik yang level LOTS maupun HOTS.

Berikut beberapa platform daring yang bisa dicoba untuk mendapatkan bank soal HOTS yang bisa langsung dipakai maupun hanya sekadar dijadikan referensi.

1. kejarcita.id

kejarcita.id merupakan salah satu edutech yang berfokus pada penyediaan bank soal. Kejarcita.id memiliki misi untuk memperluas akses pendidikan berkualitas bagi anak-anak Indonesia. Selain memiliki fitur bank soal kejarcita juga menyediakan fitur kuis dan koreksi soal otomatis yang bisa digunakan untuk latihan soal dan ulangan online.

Saat ini Bank soal yang dimiliki kejarcita.id sudah lebih dari 32 ribu butir soal baik jenis LOTS maupun HOTS. Soal yang dibuat juga sudah mengikuti standar kurikulum dan prinsip pengembangan soal HOTS, sehingga relevan digunakan untuk simulasi, latihan, maupun ulangan online . Terdapat berbagai macam mata pelajaran dari IPA, IPS, Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Umum dari tingkat SD-SMA.

Kejarcita.id juga menyediakan rangkuman materi, worksheet, video pembelajaran interaktif, tanya-jawab, presensi online, dan lainnya. Cocok dipakai untuk bimbel dan kbm online yang praktis dan terintegrasi.

2. Kelas Pintar

Kelas pintar merupakan platfrom edutech yang berfokus pada fitur belajar terintegrasi. Fokus utama Kelas Pintar adalah untuk menguatkan dan mensinergikan peran guru, sekolah dan orang tua dalam proses pembelajaran. Cocok digunakan sebagai alternatif bimbel dan kbm online. Selain memiliki fitur bimbel, tanya-jawab, akses materi, tentu saja terdapat fitur bank soal untuk latihan, dan Tryout dengan metode LPT (Learn, Practice dan Test).

Berbagai soal yang disediakan sudah mengikuti standar kurikulum dan sebagaian besar sudah memuat unsur HOTS (Higher Order Thinking Skill). Selain jenis soal pilihan ganda, kelas pintar juga menyediakan soal tes adaptif dan uraian (essay) yang disertai dengan pembahasan.

3. Zenius

Merupakan salah satu platform perintis edutech di Indonesia. Pasalnya platformini telah berdiri sejak 2007. Zenius memiliki beragam fitur yang sangat bermanfaat untuk guru dan murid. Salah satunya fitur bank soal dari jenjang SD-SMA yang bisa diunduh gratis maupun berlangganan.

Terdapat juga soal untuk Tryout dan UTBK baik yang memiliki level LOTS sampai HOTS yang juga disertai dengan video pembahasan soal dan kunci jawaban. Tentu saja setiap soal yang disediakan sudah memenuhi standar kurikulum dan standar soal HOTS. Anda bisa menggunakan layanan bank soal secara gratis maupun berbayar dengan tambahan fitur yang lebih lengkap, terutama soal-soal dengan level HOTS.

4. Hival

Merupakan platform belajar online yang berangkat dari layanan bimbel offline dari salemba group. Kemudian mulai mengembangkan layanannya menjadi platfrom pembelajaran yang menghubungkan siswa dan guru secara daring.

Fitur utama dari Hival adalah kelas online dan latihan soal untuk ujian nasional maupun tryout. Anda dapat membuat butir-butir soal sendiri atau bisa juga menggunakan bank soal yang sudah disediakan Hival. Terdapat juga video pembahasan kisi-sisi soal dari jenjang SD-SMA dengan para tentor pilihan.

Anda juga dapart menggunakan butir soal yang sudah dibuat oleh guru lainnya sesuai jenjang dan mapel. Soal yang dimiliki platform ini sudah memenuhi standar kurikulum nasional.

5. Tryout Pendidikan

Pendidikan Tryout Online (PTO) merupakan salah satu fitur baru yang dimiliki platform edutech pendidikan.id. fitur ini bertujuan agar membantu para murid dan guru melaksanakan KBM daring dengan lebih mudah.

PTO sudah diujikan pada berbagai kompetisi dan sekolah dengan menggunakan sistem CBT. Dengan kemudahan akses, pengerjaan, dan perekapan hasil/nilai membuat aplikasi ini cocok digunakan untuk siswa, murid, dan sekolah. Terdapat lebih dari 20 ribu bank soal LOTS dan HOTS yang bisa diakses secara gratis untuk simulasi, tryout maupun sebagai contoh latihan soal berbasis CBT.

6. Tryout Online

Merupakan platform yang dikhususkan untuk latihan soal,tryout online dan UNBK yang memiliki bank soal cukup lengkap. Terdapat berbagai simulasi soal ujian sekolah SD sampai dengan SMA yang bisa dicoba secara gratis baik berbentuk pilihan ganda maupun uraian.

Butir soal terdiri dari jenis soal LOTS dan juga level HOTS. Terdapat juga rangkuman materi dan pembahasan soal. Anda bisa mencoba langsung secara gratis melalu website truoutonline.com atau bisa juga diunduh untuk kemudian dicetak untuk keperluan belajar luring.

Itu dia beberapa platform Edutech yang menyediakan bank soal LOTS dan juga HOTS. Platform di atas bisa digunakan untuk berbagai keperluan pembelajaran seperti latihan, simulasi ujian, UTBK, tryout, maupun referensi pengembangan soal.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA