by

6 Platform Edutech yang Sediakan Fitur Tanya Jawab

KOPI, Jakarta – Era digital saat ini membuat proses KBM menjadi mudah dan fleksibel. Seorang guru bisa mengajar, tanya jawab, memberi tugas kepada siswa dari jarak jauh dengan hanya menggunakan gawai dan internet. Begitupun sebaliknya, siswa bisa dengan mudah belajar dan mencari referensi di berbagai sumber belajar daring secara mudah dan gratis.

Bahkan para siswa juga bisa bertanya secara langsung mengenai materi yang kurang dipahami kepada para tutor/fasilitator online menggunakan platform Edutech.

Saat ini banyak Edutech yang menyediakan beragam fitur belajar daring yang memudahkan KBM online antara guru dan murid. Fitur yang ditawarkan beragam baik untuk murid maupun guru. Mulai dari fitur bimbel privat, simulasi ujian, video interaktif, rangkuman materi, games edukasi, bank soal, kiat cara membuat soal AKM, sampai fitur tanya-jawab.

Berkaitan dengan fitur tanya-jawab, berikut beberapa platform Edutech yang bisa dicoba oleh kamu (red-siswa) atau para orangtua.

1. Zenius Education

Merupakan platform yang sudah banyak dikenal luas dengan beragam fitur yang menarik dan bermanfaat untuk pembelajaran daring. Selain memiliki fitur video materi pelajaran, video pembahasan soal, try out, ujian mandiri, Zenius juga memiliki fitur baru yaitu live class dan live chat. Fitur ini memungkinkan tutor dapat berinteraksi langsung dengan para murid/peserta.

Hadirnya fitur ini bertujuan guna membangun interaksi langsung dan aktif antara siswa dan tutor sehingga proses KBM akan terasa seperti di kelas konvensional. Live chat dan live class juga memungkinkan para siswa untuk bertanya mengenai materi atau rumus tertentu yang kurang dipahami dan membutuhkan penjelasan dan bimbingan detail dari tutor. Apabila kamu (red-siswa) atau orangtua ingin mendapatkan fitur ini, bisa langsung dengan berlangganan fitur premium Zenius Education.

2. Co Learn

Merupakan Edutech yang baru berdiri pada tahun 2020. Co Learn hadir dengan berfokus pada pembelajaran matematika untuk SMP dan SMA.

Co Learn mencoba menggabungkan antara metode edukasi dan teknologi untuk menyajikan konsep pembelajaran matematika dengan lebih mudah dan praktis. Hal ini dituangkan dengan fitur utama yang dimiliki yaitu fitur foto soal matematika dan nantinya akan keluar video solusi mengenai pembahasan konsep materi tersebut.

Sehingga siswa bisa dengan mudah mengetahui cara kerja dan rumus praktis dari soal yang hendak dikerjakan. Terdapat lebih dari 60 ribu video solusi pembahasan soal matematika SMP dan SMA.

Siswa juga bisa bertanya secara langsung kepada guru (tutor) dengan menggunakan fitur Kelas Live interaktif. Co Learn dapat dipakai melalui website maupun aplikasi mobile.

3. Kelas Pintar

Merupakan salah satu Edutech yang memiliki fitur menarik dan interaktif. Kelas pintar hadir sebagai solusi pembelajaran online dengan metode pintar, personal dan terintegrasi yang didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran.

Kelas Pintar memiliki tiga (3) kategori sasaran utama yaitu untuk murid, guru, dan juga orangtua. Adapun untuk murid fitur yang disajikan terdiri dari Kelas Pintar, Tanya, Soal, dan Guru. Fitur ‘Tanya’ memungkinkan para murid bisa langsung mengajukan pertanyaan mengenai materi atau konsep pembelajaran yang belum dipahami kepada para tutor/guru dari kelas pintar.

Adapun fitur ‘Tanya’ memiliki dua sesi (jenis) yaitu ‘Tanya Reguler’ dan ‘Tanya Prioritas’. Untuk tanya reguler dapat dinikmati secara gratis sesuai jadwal yang berlaku, sementara ‘Tanya Prioritas’ hanya diperuntukkan bagi kamu (red-siswa) yang berlangganan. Kamu dapat mengajukan pertanyaan selama kuota bertanya kamu masih tersedia. Kelas Pintar sendiri dapat digunakan selain melalui website juga melalui aplikasi mobile.

4. Meja Kita

Merupakan salah satu pemain baru Edutech di Indonesia yang menyasar segmen SD-SMA. Mejakita memiliki konsep berbagi dan berdiskusi dalam berlajar. Fitur unggulan dari Mejakita seperti UTBK, Tryout,Belajar Bersama, SBMPTN dan lainnya.

Mata pelajaran yang dibahas mencakup Matematika, Biologi, Fisika, Kimia, dan Sosiologi. Fitur khas Mejakita yang mungkin belum dimiliki platform lainnya adalah ‘Diskusi PR’ yang mana para murid dapat berdisuksi dan bertanya mengenai PR yang kurang dipahami kepada sesama siswa lain.

Fitur khas selanjutnya adalah ‘Rumus’ yang mana para murid dapat mencari berbagai rumus matematika, kimia dan fisika berdasarkan kata kunci. Pada setiap rumus juga dilengkapi dengan contoh soal dan juga pembahasan. Fitur khas lainnya yaitu ‘Berbagi Catatan’, yaitu para siswa dapat menyimpan dan berbagi catatan mengenai rumus maupun materi kepada siswa lainnya.

Dengan fitur tersebut, tentu saja kamu tidak perlu lagi khawatir jika sedang mengalami kesulitan dalam menjawab PR atau hendak mencari rumus matematikamu.

5. Brainly

Merupakan platform Edutech yang mengusung konsep media sosial dari sisi interaksi dan interface. Brainlymenaruh fokus pada fitur anya-jawab. Siswa dapat bertanya menggunakan fitur ‘Tanyakan Pertanyaanmu’.

Guru atau anggota lainnya juga bisa langsung menjawab pertanyaan yang diajukan di forum. Semakin banyak kamu (red-siswa) bertanya maka akan mendapatkan poin dan ranking. Nantinya poin tersebut dapat ditukarkan untuk berbagai reward dari Brainly.

Selain fitur tanya, ada juga fitur live chat. Live Chat /Live Answer memungkinkan kamu dapat menjawab pertanyaan atau sekadar saling menyapa secara real time dengan pengguna lain.Selain itu terdapat juga fitur lainnya seperti Pesan, Undang Teman, Komentar, Follow, dan lainnya.

6. Kejarcita.id

Merupakan platform Edutech yang memiliki beragam fitur menarik dan bermanfaat untuk guru dan siswa. Selain memiliki fitur bank soal, rangkuman materi, worksheet, video pembelajaran interaktif, kejarcita juga menyediakan fitur tanya-jawab.

Fitur Tanya-Jawab bisa digunakan oleh siswa untuk bertanya kepada tutor online kejarcita yang kompeten sesuai mata pelajaran yang ditanyakan. Pada fitur ini juga para siswa bisa mengikuti dan berdiskusi dengan siswa lainnya.

Untuk mengakses fitur ini kamu (red-siswa) bisa menggunakan akun gratis maupun berlangganan. Perbedaanya tentu dari sisi jumlah pertanyaan dan dukungan layanan yang lebih lengkap apabila menggunakan versi premium.

Kejarcita.id juga menyediakan bank soal dan latihan soal disertai pembahasan. Sehingga jika kamu bingung mengenai rumus dan konsep materi tertentu kamu bisa langsung melihat pembahasan serta cara kerjanya.

Kamu juga dapat bertanya mengenai materi yang kemungkinan akan keluar pada soal-soal ujian sekolah dengan fitur Tanya-Jawab ini. kejarcita dapat diakses melalui website kejarcita.id dan juga melalui aplikasi mobile dengan mengunduh aplikasi-Nya di Playstore.

Itu dia beberapa platform Edutech yang menyediakan fitur tanya-jawab dengan beragam ciri khas masing-masing. Sebagai siswa yang sedang kesulitan dalam menemukan rumus atau konsep materi pelajaran, maka boleh mencoba beberapa platfrom di atas sebagai salah satu alternatif solusi. Kamu juga bisa rajin latihan soal AKM untuk meningkatkan kemampuanmu. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA