by

5 Alasan Mengajari Anak Sendiri Lebih Baik Dibanding Bimbel

Setiap orang tua tentu menginginkan anak yang baik hati, disiplin dan cerdas, maka tidak heran jika banyak orang tua yang memasukkan anaknya ke sekolah favorit dan unggulan. Namun kewajiban belajar anak bukan sebatas di sekolah saja, tetapi anak juga perlu belajar di rumah untuk mendalami materi yang telah dipelajarinya. Sebagai orang tua terdapat 2 hal yang bisa Anda lakukan untuk memberi materi pelajaran tambahan, yaitu dengan menyuruh anak mengikuti bimbel atau mengajarkan anak sendiri di rumah.

Dimasa KBM online ini, Anda harus menyisihkan waktu untuk menemani anak belajar. Hal tersebut juga menjadi kesempatan Anda untuk menilai kemampuan anak lebih dalam. Tak ada salahnya jika Anda juga ikut mengajarkan anak di rumah.

5 Alasan Anda Harus Mengajari Anak Sendiri Lebih Baik

Ada beberapa anak yang kesulitan belajar tanpa didampingi oleh orang lain, khususnya bagi mereka yang masih kecil. Jika Anda memiliki waktu luang di rumah, tak ada salahnya Anda menjadi guru dan mengajari anak belajar secara mandiri tanpa mengikuti bimbel. Adapun berikut ini merupakan 5 alasan mengajari anak sendiri lebih baik dibanding mengikuti bimbel, di antaranya yaitu:

1. Orang Tua Lebih Mengetahui Kemampuan Anak

Sebagai orang tua, tentunya Anda lebih mengetahui kemampuan serta bakat dan minat anak Anda. Anda dapat mengamati kelebihan serta hal yang dibutuhkan oleh anak. Misalnya, jika anak senang bernyanyi, kemungkinan besar Ia memiliki bakat dalam bidang seni musik, sehingga Anda harus siap mendukung dan membantu mereka mendalami potensinya. Hal tersebut berbeda jika Anda memilih untuk menyuruh anak mengikuti bimbel. Di mana Anda tidak bisa mendukung potensi anak dan mereka juga akan menutup bakat yang dimilikinya.

2. Tidak Terikat Waktu

Anak yang mengikuti bimbel memiliki jadwal belajarnya tersendiri, sehingga mereka akan lebih sibuk untuk belajar terus menerus. Hal tersebut mungkin terlihat baik, namun anak akan cepat kelelahan jika belajar tanpa henti. Berbeda jika Anda memilih untuk mengajarkan anak sendiri di rumah. Di mana mereka memiliki kebebasan belajar. Anda bisa mengatur jadwal belajar anak yang tepat sesuai kondisi. Anak juga akan terlatih untuk memanajemen waktu dengan baik serta memanfaatkan waktu secara efisien untuk belajar.

3. Bisa Melatih Kemandirian

Dengan mengajarkan anak belajar di rumah secara mandiri, maka anak akan belajar disiplin dan mandiri. Anda bisa mencari contoh latihan soal di internet, lalu memberikannya kepada anak untuk diisi. Biarkan anak mengisi soal tersebut dengan kemampuannya sendiri, setelah itu Anda bisa menilainya. Anda juga bisa mencari materi pelajaran tambahan di buku atau media online.

4. Menghemat Pengeluaran

Dengan mengajarkan anak belajar di rumah sendiri, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membayar bimbingan belajar yang cukup mahal. Anda juga bisa menghemat uang transportasi anak untuk pergi ke tempat bimbel. Pasalnya saat ini sudah banyak platform pembelajaran online yang bisa membantu itu Anda dan anak belajar di rumah. Anda bisa mencari contoh soal ujian sekolah SD hingga SMA beserta pembahasannya di internet untuk dipelajari anak menjelang ujian.

5. Hubungan dengan Anak Lebih Dekat

Dengan membantu anak belajar di rumah sendiri, Anda akan menghabiskan banyak waktu bersama anak. Hal tersebut membuat hubungan Anda lebih dekat dan harmonis.

Itulah 5 alasan mengajari anak sendiri lebih baik dibanding mengikuti bimbingan belajar yang bisa Anda rasakan. Tentunya hal ini menjadi kesempatan Anda untuk menilai kemampuan anak lebih mendalam.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA