by

5 Metode Pelaksanaan KBM Online Selama Pandemi

KOPI, Jakarta – Setelah munculnya wabah Covid-19 di Indonesia, sistem pendidikan pun mulai mencari suatu inovasi untuk proses kegiatan belajar mengajar. Terlebih adanya Surat Edaran no. 4 tahun 2020 dari Menteri Pendidikan dan kebudayaan yang menganjurkan seluruh kegiatan di institusi pendidikan harus jaga jarak dan seluruh penyampaian materi akan disampaikan di rumah masing-masing.

KBM Online menjadi cara belajar ditengah pandemi. KBM online didefinisikan sebagai kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dengan komunikasi daring atau virtual, menggunakan perangkat seperti komputer dan telepon genggam yang terkoneksi dengan jaringan internet. KBM online juga sering disebut sebagai pembelajaran daring.

KBM online menuntut setiap institusi pendidikan untuk memberikan inovasi terbaru untuk membentuk proses pembelajaran yang sangat efektif ini meski tanpa melalui tatap muka secara langsung.

Pembelajaran secara daring menggunakan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. Gadget dan kuota internet menjadi kebutuhan utama dalam KBM online. Melalui KBM online semua aktivitas belajar dilakukan secara daring. Mulai dari penyampaian materi, pengumpulan tugas hingga mengerjakan contoh latihan soal. Metode pelaksanaan KBM online selama pandemi pun beragam, disesuaikan dengan kondisi sekolah masing-masing. Berikut adalah 5 metode pelaksanaan KBM online selama pandemi.

1. Siaran Langsung Melalui Video Conference

Siaran langsung melalui aplikasi video conference menjadi salah satu metode KBM online selama pandemi. Dengan video conference ini guru bisa menyampaikan materi pembelajaran secara langsung. Siswa juga bisa bertanya ataupun berdiskusi dengan guru dan teman-temannya. Meskipun online, pembelajaran menggunakan aplikasi video conference bersifat interaktif.

2. Melalui WhatsApp

Banyak juga sekolah yang melakukan KBM online dengan menggunakan aplikasi WhatssApp (WA). Aplikasi chat ini menjadi aplikasi yang paling banyak digunakan oleh orang di Indonesia. Penggunaannya yang mudah dan sederhana membuat WA dipilih sebagai metode pelaksanaan KBM online. Biasanya setiap guru bidang studi akan membuat WAG. Pembelajaran akan dilakukan dalam grup tersebut. Materi dan tugas-tugas di share di grup.

3. Menggunakan Platform Pembelajaran

Pelaksanaan KBM online selama pandemi juga menggunakan bantuan platform pembelajaran. Banyak platform pembelajaran yang menyediakan video materi pembelajaran dan worksheet yang bisa diakses secara gratis. Penggunaan platform pembelajaran ini biasanya menjadi pelengkap agar siswa lebih memahami materi yang diberikan oleh guru. Agar bisa menjadi bekal mengerjakan soal-soal ujian, termasuk soal ujian sekolah SD.

4. Integrated Curriculum

Metode pembelajaran yang satu ini tidak hanya melibatkan satu mata pelajaran saja, namun juga mengaitkan metode pembelajaran lainnya. Dengan menerapkan metode ini, selain siswa yang melakukan kerjasama dalam mengerjakan projek, guru lain juga diberi kesempatan untuk mengadakan team teaching dengan guru mata pelajaran lainnya. Integrated curriculum bisa diaplikasikan untuk seluruh siswa yang berada di semua wilayah, karena metode ini akan diterapkan dengan sistem daring.

5. Blended Learning

Metode blended learning adalah metode yang menggunakan dua pendekatan sekaligus. Dalam artian, metode ini menggunakan sistem daring sekaligus tatap muka melalui video converence. Jadi, meskipun guru dan siswa melakukan pembelajaran dari jarak jauh, keduanya masih bisa berinteraksi satu sama lain.

Mengingat wabah pandemi yang tidak tahu pasti kapan berakhirnya, 5 metode pembelajaran KBM online tersebut mungkin bisa menjadi referensi anda untuk mendidika para siswa anda. Dengan adanya metode-metode tersebut, diharapkan agar pendidikan di Indonesia tetap berjalan dengan baik dan berjalan lancar meskipun ditengah pandemi. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA