by

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan untuk Operasi Miom

KOPI, Jakarta – Tahu operasi miom? Miomektomi adalah operasi untuk mengangkat fibroid sambil menjaga uterus. Untuk wanita yang memiliki gejala fibroid dan ingin memiliki anak di masa depan, operasi miom adalah pilihan perawatan terbaik. Miomektomi sangat efektif, tetapi kemungkinan fibroid dapat tumbuh kembali.

Semakin muda Anda dan semakin banyak fibroid yang Anda miliki pada saat miomektomi, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengembangkan fibroid lagi di masa mendatang. Wanita yang mendekati menopause adalah yang paling kecil kemungkinannya memiliki masalah berulang dari fibroid setelah miomektomi.

Mengenal Operasi Miom

Miomektomi adalah jenis operasi yang digunakan untuk mengangkat fibroid rahim. Miomektomi dapat dilakukan dengan beberapa cara berbeda. Bergantung pada ukuran, jumlah, dan lokasi fibroid. Jenis miomektomi yang disarankan oleh dokter tergantung pada ukuran dan lokasi fibroid Anda:

  1. Miomektomi abdominalis mungkin paling baik untuk Anda jika Anda memiliki banyak besar fibroid yang tumbuh di dinding rahim Anda.
  2. Miomektomi laparoskopi mungkin lebih baik jika Anda memiliki fibroid yang lebih kecil dan lebih sedikit.
  3. Miomektomi histeroskopi mungkin lebih baik jika Anda memiliki fibroid kecil di dalam rahim.

Miomektomi abdominalis adalah yang paling sering dilakukan oleh tenaga medis. Miomektomi abdominalis juga dikenal sebagai miomektomi “terbuka”. Miomektomi ini menggunakan prosedur bedah besar yang melibatkan tenaga medis untuk membuat sayatan melalui kulit pada perut bagian bawah.

Sayatan ini berfungsi untuk menghilangkan fibroid dari dinding rahim. Otot uterus kemudian dijahit kembali menggunakan beberapa lapis jahitan. Kehilangan darah selama operasi mungkin memerlukan transfusi darah. Beberapa wanita menyimpan darah sebelum operasi untuk menerima darahnya sendiri.

Sebagian besar wanita menghabiskan 2 malam di rumah sakit dan membutuhkan 4 hingga 6 minggu pulih di rumah. Setelah miomektomi, dokter dapat merekomendasikan operasi caesar (operasi caesar) untuk persalinan kehamilan berikutnya.

Operasi ini berguna untuk mengurangi kemungkinan rahim Anda bisa terbuka selama persalinan. Kebutuhan untuk operasi caesar akan tergantung pada seberapa dalam fibroid tertanam di dinding rahim pada saat operasi pengangkatan.

Penting juga untuk dicatat bahwa fibroid baru dapat berkembang, menghasilkan gejala berulang dan prosedur tambahan.

Siapa yang Wajib Operasi Miom?

Seperti prosedur bedah lainnya, miomektomi memang memiliki beberapa risiko, meskipun jarang. Sekitar 5%  wanita mengalami infeksi setelah operasi. Meskipun infeksi luka dirawat di rumah, diperlukan kunjungan rutin ke kantor dokter hingga enam minggu

Dokter Anda mungkin merekomendasikan operasi ini jika fibroid Anda menyebabkan gejala seperti:

  1. Nyeri panggul
  2. Periode yang berat
  3. Perdarahan tidak teratur
  4. Sering buang air kecil

Siapa orang yang sangat disarankan untuk melakukan operasi miom? Miomektomi adalah pilihan bagi wanita dengan fibroid yang ingin hamil di masa depan, atau yang ingin menjaga rahimnya karena alasan lain.

Tidak seperti histerektomi, yang mengeluarkan seluruh rahim Anda, miomektomi menghilangkan fibroid tetapi meninggalkan rahim Anda di tempat. Operasi miom memungkinkan Anda mencoba untuk anak-anak di masa depan.

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan untuk Operasi Miom

Sebelum Anda menjalani operasi, ulasan dari Hitsindo sangat menyarankan Anda untuk mengkonsumsi obat. Pastikan Anda minum obat untuk mengurangi ukuran fibroid Anda dan membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan.

Obat gonadotropin releasing hormon  seperti leuprolide (Lupron), adalah obat yang menghambat produksi estrogen dan progesteron. Keduanya akan membuat Anda mengalami menopause sementara. Setelah Anda berhenti minum obat ini, periode menstruasi Anda akan kembali dan kehamilan mungkin akan terjadi.

Ketika Anda bertemu dengan dokter Anda untuk membahas prosedur, pastikan Anda mengajukan pertanyaan yang Anda miliki tentang persiapan dan apa yang diharapkan selama operasi Anda.

Anda mungkin perlu tes untuk memastikan Anda cukup sehat untuk operasi. Dokter Anda akan memutuskan tes mana yang Anda butuhkan berdasarkan faktor risiko Anda. Beberapa  hal yang akan Anda lakukan sebelum opeasi miom dapat mencakup:

  1. Tes darah
  2. Elektrokardiogram
  3. Pemindaian mri
  4. USG panggul

Tanyakan kepada dokter Anda obat apa yang perlu Anda hentikan penggunaannya sebelum operasi dan berapa lama Anda harus menghindarinya.

Jika Anda merokok, hentikan aktivitas merokok 6-8 sebelum operasi. Merokok dapat memperlambat proses penyembuhan Anda serta meningkatkan risiko kardiovaskular selama operasi.

Masa Pemulihan Operasi Miom

Setelah melakukan miomektomi, Anda akan merasakan sakit setelah operasi. Dokter akan memberikan obat untuk mengobati rasa sakit Anda. Berapa lama Anda harus menunggu sebelum kembali ke aktivitas normal?

Tergantung pada jenis prosedur yang Anda miliki. Operasi miom terbuka memiliki waktu pemulihan paling lama. Waktu pemulihan untuk setiap prosedur adalah:

  1. Miomektomi abdominal: empat hingga enam minggu
  2. Miomektomi laparoskopi: dua hingga empat minggu
  3. Miomektomi histeroskopi: dua sampai tiga hari

Jangan angkat apapun yang berat atau berolahraga sampai sayatan Anda sembuh sepenuhnya. Dokter Anda akan memberi tahu Anda kapan Anda dapat kembali ke kegiatan ini.

Tanyakan kepada dokter kapan waktu yang aman bagi Anda untuk berhubungan seks. Anda mungkin harus menunggu hingga 6 minggu. Jika Anda ingin hamil, tanyakan kepada dokter Anda kapan Anda bisa mulai mencoba. Anda mungkin perlu menunggu 3 hingga 6 bulan agar rahim Anda pulih sepenuhnya tergantung pada jenis operasi yang Anda miliki.

Apa Komplikasi dan Risiko Operasi Miom?

Setiap operasi dapat memiliki risiko, dan miomektomi tidak jauh berbeda. Risiko dari prosedur ini jarang terjadi, tetapi dapat mencakup:

  1. Infeksi
  2. Pendarahan yang berlebihan
  3. Kerusakan pada organ di dekat rahim
  4. Sebuah lubang (perforasi) di rahim anda
  5. Jaringan parut yang dapat menyumbat saluran tuba atau menyebabkan masalah kesuburan
  6. Fibroid baru yang membutuhkan prosedur pengangkatan lain
  7. Kesulitan bernafas

Jika Anda memiliki fibroid rahim yang menyebabkan gejala menyakitkan, maka operasi miom dapat digunakan untuk menghilangkannya dan meringankan gejala Anda. 

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA