by

Universitas Mpu Tantular Hadirkan 150 Disabilitas Netra, ODGJ dan Lansia di Sentra Terpadu “Pangudi Luhur “ Bekasi

KOPI, Bekasi – Sinergitas dosen dan mahasiswa Universitas Mpu Tantular pada kegiatan berbagi kreatifitas pengabdian masyarakat sukses digelar, Kamis (5/1/23), bertempat di Sentra Terpadu “Pangudi Luhur “ Bekasi. Kegiatan tersebut diketuai Serepina Tiur Maida, S.Sos., M.Pd., M.I.Kom yang menghadirkan para motivator dari dosen dan mahasiswa fakultas hukum dan fakultas ekonomi Universitas Mpu Tantular.

Disambut hangat dan penuh kekeluargaan oleh keluarga besar Pangudi Luhur Bekasi di bawah naungan Kementerian Sosial. Bambang selaku Kepala Bagian Tata Usaha STPL Bekasi, dalam sambutannya sangat mendukung kegiatan sosial yang dilaksanakan oleh kampus Universitas Mpu Tantular ini, dengan kebersamaan bersama teman-teman di Pangudi Luhur bisa menjadi semangat dan motivasi. Kegiatan ini dapat menghibur dan mengajak kita untuk berbagi dan ini adalah salah satu ajang potensi kreativitas yang dapat disalurkan dengan bernyanyi dan menari bersama.

Kegiatan ini didukung oleh Dr. Drs. Ir. Edison H Manurung, S.T., M.T., M.M., M.H selaku Kepala LPPM UMT memberi sambutannya “Hidup harus dijalankan, semangat dalam segala hal dan selalu mengucap syukur atas nikmat yang Tuhan berikan.”

Edy, selaku perwakilan dari Fakultas menyampaikan sambutannya “Mari kita semua semangat, karena saya pun merasa mengalami kurang sehat dalam menggunakan kaki saya tetapi semangat jiwa dan raga saya terus mengalir untuk kesembuhan karena saya harus optimis untuk sembuh dan bisa terus berbagi kebaikan untuk orang-orang di sekitar saya.”

Dalam kegiatan tersebut, turut dimeriahkan para motivator lainnya antara lain: Ir. Rodeyar S Pasaribu, M.Si., Raston Sitio, S.E., M.M., Junifer Dame Panjaitan, SH., M.H. Mereka memberikan games hiburan dan memotivasi para saudara/i Disabilitas Netra, ODGJ dan Lansia.

Hadir juga dosen dari perwakilan fakultas yang meramaikan acara Oberlian Sinaga, S.E., S.H., M.M, Ir. RM, Witardi Gondowarsito, M.Kom, Emmanuel Montero, SE., M.M, Drs. Bolean Silalahi, M.M. Kegiatan ini tidak lepas dari dukungan Solusindo Kreatif Konsultan , Wardah Cosmetic dan SP DK.

Panitia mengusung tema “Berbagi Itu Indah, Kreatifitas itu Karya Nyata” di Area Sentra Kreasi Atensi Bekasi, yang mana area ini sangat cocok untuk tempat menghibur dengan live music dan ini adalah salah satu tempat usaha yang sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar dan para mahasiswa untuk rileks sejenak, area out door yang pengunjung dapat udara natural.

Acara ini ditata apik dengan kreatif oleh para mahasiswa. Mereka mengkonsep acara dari awal sampai akhir dengan baik. Dengan kegiatan ini mereka berupaya menggiring mahasiswa agar lebih peduli terhadap masyarakat, sekaligus ini ajang melatih mental dan rasa percaya diri mereka.

Serepina pun menyampaikan, kreatifitas bukan hanya bakat yang dibawa sejak lahir dan dapat dipraktekan begitu saja di dunia kerja. Kreatifitas selain dapat dipelajari, juga harus dapat diinternalisasi secara luas melalui proses komunikasi yang baik. “Dengan karya ini maka kita sudah berbagi kebaikan di awal tahun 2023, bangga pada mahasiswa yang peduli pada sesama padahal kegiatan ini hanya mengandalkan kemurahan hati dan waktu. Kegiatan ini adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang kedua kalinya di gelar dalam 1 semester,” ujar Serepina.

Serepina juga menyampaikan saat diwawancari awak media, upaya perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang cacat telah diatur dalam berbagai peraturan Undang-Undangan mulai dari UUD 1945, UU No 39 Tahun 1999 tentang hak-hak asasi manusia, UU No 11 Tahun 2009 tentang kesejahteraan sosial, dan UU No 4 Tahun 1997tentang penyandang cacat dan PP No 43 Tahun 1998 tentang upaya peningkatan kesejahteraan sosial penyandang cacat. “Telah diupayakan pemerintah dengan lebih baik dan kami masyarakat pelaku akademisi sangat mendukung hal tersebut,” tuturnya.

Dalam Pasal 14 ayat 2 UU No 2009 mengamanatkan : “Perlindungan sosial dilaksankaan melalui bantuan sosial, advokasi sosial dan bantuan hukum.”

Kurang lebih hadir 200 peserta dalam ruang kreasi yang dibuat dalam suasana rileks oleh Yajid Nurhadi dan Syerin Citra Cahyanti selaku MC. Merekapun memandu bagi-bagi hadiah uji potensi kreatifitas. Kegiatan ini berjalan lancar dan sukses tidak lepas dari dukungan panitia lainnya seperti, Murniati Tumanggor selaku koordinator umum, Tut Wuri Handayani, Dinda Rachma Ramadhania, Suroso, Revalino April, Fransisco L. Toruan, Rivaldo Rein Laukoun , Honest Man Zebua, Hery Gunawan, dan Maria Fatima Wenge Lein. Sukses dengan sinergi bersama berbagi. (NJK/Red)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA