by

Temui Menparekraf, Bupati Tamba Usulkan Terkait Agenda Besar Festival Jembrana Bahagia

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba didampingi Sekda Jembrana I Made Budiasa dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Jembrana Anak Agung Komang Sapta menemui dan berdiskusi bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, pertemuan dilaksanakan di Jakarta, Sabtu 16/3/2024). Dalam diskusi tersebut disambut hangat dan penuh keakraban, dalam diskusi Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengusulkan Festival Jembrana Bahagia, gayung bersambut, pertemuan dua sahabat ini menghasilkan sebuah rencana besar untuk Jembrana, Festival Jembrana Bahagia sebagai agenda besar, akan diikuti dengan festival-festival lain di Jembrana.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, mengagumi ragam budaya, adat dan wisata yang ada di Jembrana, karena itu, Kemenparekraf akan mendukung usulan Bupati Jembrana yang akan mempromosikan Jembrana melalui festival di Jembrana sebagai upaya menuju Jembrana emas 2026. Dalam kesempatan itu, Sandiaga Uno, mengaku kagum dengan suara Jegog Jembrana, kesenian tersebut memang sudah mendunia, bahkan sering menjadi pengiring event internasional, baik yang digelar di dalam maupun di luar negeri, karena kekagumannya dengan jegog, Menteri Sandiaga Uno juga yang membawa jegog tampil pada Presidensi G20 dalam World Conference on Creative Economy (WCCE) pada bulan Oktober 2022.

Pariwisata seni dan budaya lain yang ada di Jembrana juga mampu memikat hati Sandiaga Uno, tidak jarang ia datang langsung ke Jembrana, sehingga menjadi menteri yang paling sering datang ke Jembrana. Bahkan ia mengucurkan milyaran anggaran untuk pengembangan Jembrana, salah satunya dukungan anggaran membangun Sirkuit All in One Jembrana di Desa Pengambengan, dan Sandiaga Uno juga yang meresmikan.

Terkait hal tersebut, Sandiaga Uno mengharapkan agenda tersebut tidak ditunda lagi, ia berharap dilaksanakan tahun ini, karena itu, Menparekraf akan susun agenda aga bisa digelar tahun ini, Pemerintah Kabupaten Jembrana juga harus menyiapkan diri untuk agenda tersebut. “Jembrana punya potensi seni budaya luar biasa, harus didukung dengan promosi yang luar biasa, agar lebih dikenal luas,” harapnya.

Lebih lanjut, Sandiaga Uno menerangkan bahwa rencana penyelenggaraan Festival Jembrana Bahagia untuk mendukung Jembrana Emas 2026, menurutnya akan mengakomodir berbagai potensi dan keunikan Jembrana mulai dari kesenian budaya, keindahan alam, keberadaan UMKM hingga hiburan, Menparekraf kembali menyebut bahwa Jembrana memiliki seni budaya unggulan, seperti Jegog dan mekepung yang sudah termasyur didukung alam dengan keunikannya tersendiri, selain untuk pelestarian juga sebagai salah satu daya tarik wisata. “Penyelenggaraan festival akan mendorong berbagai potensi dan destinasi unggulan yang dimiliki Kabupaten Jembrana,” terangnya.

Saat memberi cinderamata topeng barong kepada Bupati Jembrana I Nengah Tamba Menparekraf Sandiaga Uno mengungkapkan dukungan kepada Bupati Jembrana dalam mendukung produk ekonomi kreatif Jembrana. “Semoga bisa mendorong produk ekonomi kreatif kita, sukses untuk Pak Bupati, semoga Jembrana bahagia dan menuju Jembrana emas 2026,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengucapan terima kasihnya kepada Menparekraf Sandiaga Uno yang sudah meluangkan waktunya di tengah kesibukannya, bertemu dan mendiskusikan banyak hal, Bupati Tamba juga mengungkapkan bahwa kedatangan Menparekraf ditunggu di Jembrana, dalam event-event yang akan digelar Menparekraf bersama Pemkab Jembrana. “Padahal hari ini, hari libur,” ujar Bupati Tamba, lalu ditimpali Sandiaga Uno bahwa tidak ada hari libur kalau pariwisata, tanggalan merah item semua sama.

Sandiaga Uno lalu menegaskan akan menjadwalkan dan menghadiri Festival Jembrana Bahagia dan festival lain, seperti Festival Jembrana Syarif Tua Loloan, serta mendatangi Desa Wisata dan Cokelat Jembrana yang sudah mendunia. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA