by

Rektor Universitas Mpu Tantular Pimpin Upacara Peringatan HUT Ke-74 Kemerdekaan RI

Loading…

KOPI, Jakarta – Rektor Universitas Mpu Tantular (UMT), Dr. Ir. Mangasi Panjaitan, ME, langsung memimpin Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-74 Republik Indonesia. Rektor bertindak selaku Inspektur Upacara di Kampus Bhinneka Tunggal Ika – Universitas Mpu Tantular (UMT).

Upacara berlangsung pada pagi hari, Sabtu 17 Agustus 2019, dari pukul 07.30 hingga pukul 08.15 WIB, di Lapangan Parkir kampus A-UMT, Cipinang, Jakarta Timur. Adapun Komandan Upacara dipimpin oleh Rusto, yang juga sebagai komandan Satuan Pengamanan UMT.

Peserta upacara yang digelar di kampus ini merupakan gabungan dari unsur pejabat struktural, dosen, karyawan dan mahasiswa UMT; para siswa dan guru-guru SMK Multi Media Nusantara, para siswa dan guru-guru dari SMK Maritim, yang berada dalam satu naungan yakni Yayasan Budi Murni Jakarta (YBMJ).

Tidak kurang sekitar 400-an peserta memadati lapangan upacara, yang dipandu MC, Dosen Fakultas Teknik UMT, Ir. Retno Indriati, MT itu. Upacara diawali persiapan pasukan dan laporan komandan upacara kepada Inspektur Upacara. Dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya oleh Paduan Suara SMK Multi Media Nusantara, dengan dirigen, Nesta, mahasiswa Fakultas Hukum UMT.

Madu Baduy

Sementara pasukan pengibar bedera sang merah putih, merupakan gabungan dari siswa SMK Multi Media Nusantara dan SMK Maritim. Prosesi pengerekan bendera, berjalan dengan mulus tanpa kendala apapun.

Adapun pembacaan Teks Proklamasi dilakukan oleh Drs. Nekad Simaibang, MM, selaku Kepala SMK Multi Media Nusantara. Sedangkan Pembukaan UUD 1945 dibacakan oleh Ratih Kurnia Hidayati, S.I.kom, M.Si, yang juga adalah Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMT.

Dilanjutkan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara, Dr. Ir. Mangasi Panjaitan, ME, selaku Rektor UMT. Pembacaan doa dibawakan oleh Eddy Supriyanto, SH,MH, yang juga sebagai Kaprodi S-1 Ilmu Hukum UMT.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara mengatakan, para pahlawan bangsa telah berjuang memerdekakan Indonesia. “Oleh sebab itu, kita harus menghargai kemerdekaan yang telah diperjuangkan dengan darah, oleh para pahlawan bangsa,” kata Mangasi Panjaitan.

Madu Baduy

Mangasi menambahkan, bagi para siswa dan mahasiswa yang kini berada dalam era milenial, nantinya akan menjadi para memimpin masa depan. “Di masa depan nanti, kalian yang berada di era milenial ini, akan menjadi para pemimpin masa depan. Kami berharap, diantara kalian nanti ada yang akan menjadi pejabat Negara atau Menteri,” katanya, disambut tepuk tangan meriah.

Lebih jauh, Rektor yang sedang mengikuti pendidikan Lemhannas ini mengatakan, Indonesia sebagai bangsa yang besar, sudah teruji dalam berbagai situasi. “Sebagai bangsa yang besar, Indonesia telah teruji dalam perjalanannya. Dengan dasar Negara Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika, yang sudah ditetapkan para founding fathers kita, maka kita jangan sampai mau terpecah-belah oleh pihak manapun,” tandasnya.

Sementara itu, usai upacara, dilanjutkan dengan penyerahan Piagam Penghargaan kepada beberapa Dosen dan mahasiswa berprestasi, baik prestasi di lingkungan internal maupun eksternal kampus. Penghargaan diserahkan oleh Rektor dan Dekan Fakultas Hukum, Dr. Busrizalti, SH,MH, yang juga selaku Ketua Panitia HUT.

Acara dilanjutkan dengan lomba makan kerupuk, yang diikuti para pejabat struktural UMT, para Dosen, karyawan dan mahasiswa, serta para guru SMK. Juga tak ketinggalan, lomba memindahkan tepung diatas kepala dan pertandingan futsal wanita, dengan menggunakan sarung. DANS

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Loading…

Comment

BACA JUGA...