by

Beli Rumah Atau Bangun Rumah? Ini Jawaban yang Tepat

KOPI, Jakarta – Ada banyak orang yang sampai saat ini masih mengalami kebingungan. Apakah mereka lebih memilih beli rumah atau bangun rumah. Terlebih hunian merupakan kebutuhan utama dalam hidup. Oleh sebab itu, pastikan mengetahui dahulu apa saja keuntungan dan kerugian dari berbagai sisinya.

Keuntungan Membeli Rumah Sendiri

Apabila Anda ingin membeli rumah, pada dasarnya ada banyak keuntungan bisa diperoleh. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memahaminya terlebih dahulu. Agar nantinya bisa membedakan apakah ingin membelinya saja atau membangun hunian. Di bawah ini berbagai keuntungannya:

Hemat Biaya

Pahami dahulu bahwa hunian yang Anda peroleh dengan cara membeli sebenarnya dapat membantu menekan biaya. Pasalnya, sudah tidak perlu lagi mendirikannya sendiri. Pembeli juga bisa langsung menghuninya sesuai kebutuhan. Terlebih sekarang ini ada banyak pilihan model dan ukuran.

Beberapa orang bahkan dapat memesan hunian secara custom. Anda juga akan terhindar dari tertundanya memiliki rumah terutama saat biaya tiba-tiba menipis saat ingin menyelesaikan pembangunan. Tidak heran jika ada banyak orang memilih untuk membelinya.

Lebih Praktis

Apabila Anda sudah mencicil dan membayar pembelian rumah maka bisa langsung menempatinya. Tentu saja sangat praktis dan efektif bagi orang-orang yang sibuk serta berada dalam kondisi perlu segera menghuni rumah. Oleh sebab itu, tidak perlu ragu jika ingin membelinya.

Pasalnya, membeli rumah terbilang jauh lebih praktis daripada menyewa ataupun mengontrak rumah selama pembangunan terjadi. Dengan begitu, Anda juga tidak perlu kerepotan dan pusing memikirkan biaya tambahan pasalnya semuanya sudah terpusat pada satu kebutuhan saja.

Memiliki Tabungan untuk Renovasi

Ketika membeli rumah, Anda juga sudah tidak perlu lagi membuang-buang biaya lebih untuk proses pembangunannya. Simpan saja untuk proses renovasi rumah di masa depan nanti. Terlebih, jika hunian sudah ditempati bertahun-tahun tentu memerlukan beberapa penggantian bagian.

Dengan begitu, tentu saja akan tetap nyaman menghuninya. Ada baiknya Anda memanfaatkan tabungan tersebut agar lebih mudah dalam melakukan renovasi. Tidak ada salahnya juga dana tersebut digunakan untuk melakukan upgrade bangunan yang lebih bagus dari sebelumnya.

Kerugian Jika Anda Membeli Rumah

Ternyata terdapat beberapa kerugian saat membeli rumah jika Anda tidak memperhatikannya dengan baik. Seperti harganya yang jauh lebih mahal apabila lewat developer. Umumnya hal ini karena mereka mengambil laba cukup banyak untuk menutupi bunga pinjaman bank.

Oleh sebab itu, sangat penting memilih penjual rumah terpercaya dan tepat agar mendapatkan biaya sesuai. Kerugian lainnya adalah bisa saja mendapatkan hunian dengan kualitas kurang baik. Pasalnya, bukan Anda sendiri yang merencakan pembangunannya.

Tidak hanya itu saja, pembelian rumah ini juga umumnya memiliki beberapa masalah. Seperti luas lahan yang cenderung terbatas sehingga penghuni cukup kesulitan apabila ingin mengembangkan atau merenovasinya di kemudian hari sesuai kebutuhan masing-masing.

Keuntungan Jika Memilih Bangun Rumah

Selain membeli rumah, tidak ada salahnya juga apabila ingin memilih membangun rumah saja. Pasalnya, ada banyak keuntungan bisa diperoleh. Dengan begitu, sangat cocok apabila tidak ingin membelinya secara langsung. Agar lebih jelas, di bawah ini penjelasannya:

Desain Rumah Sesuai Selera

Saat Anda membangun rumah, maka bisa menentukan desain sesuai selera. Tentu sangat mudah mengaplikasikannya sesuai keinginan masing-masing. Sekarang ini sendiri sudah ada banyak orang membuatnya dengan tata ruang yang diatur sendiri.

Kemudian apabila proses pembangunannya sudah selesai, maka umumnya pemilik rumah akan merasa jauh lebih puas. Pasalnya, rumah ini memiliki karya sendiri. Nantinya desain tersebut juga dapat Anda buat berbeda dari kebanyakan hunian pada umumnya.

Dapat Menyesuaikan Dana

Keuntungan pertama yang dapat Anda peroleh adalah bisa menyesuaikan dana masing-masing. Tentu saja berbeda jika memilih untuk membeli rumah jadi. Saat ingin membangun rumah minimalis ataupun mewah semuanya tergantung dengan biaya pemiliknya.

Selain itu, tidak perlu khawatir juga apabila dana yang Anda miliki tersebut ternyata belum cukup. Pasalnya, bisa dengan melakukan pembangunan sedikit demi sedikit saja. Hingga akhirnya nanti hunian tersebut dapat terwujud sesuai keinginan meski biayanya juga tidak terlalu banyak.

Harga Tanah Lebih Murah

Keuntungan lainnya adalah Anda bisa mendapatkan harga tanah jauh lebih murah daripada rumah jadi. Dengan begitu, apabila budget yang ada masih belum cukup untuk membangunnya tidak ada masalah jika membeli tanahnya dahulu kemudian pembangunannya di waktu lain.

Tentu saja keputusan tersebut sangat cocok apabila Anda yang tidak terburu-buru untuk menempati sebuah rumah. Oleh sebab itu, jangan sampai salah dalam merencanakannya. Usahakan untuk tetap memperhatikan tujuan memiliki rumah serta ketersediaan dananya. Yuk buat rumah impianmu sekarang bersama kontraktor Jogja.

Itu tadi penjelasan lengkap mengenai lebih baik mana, membeli atau membangun saat ingin memiliki rumah. Semuanya sebenarnya mempunyai keuntungan dan kekurangan masing-masing. Tentu Anda bisa mempertimbangkannya dari sekarang agar berhasil memperoleh hunian idaman.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA