by

Skala yang Digunakan dalam Pembuatan Miniatur Bangunan Rumah

KOPI, Jakarta – Saat akan membangun rumah, tentu hal.pertama yang harus dibuat adalah denah. Selain denah, arsitek juga akan membuat miniatur yang sekiranya menggambarkan tiap ruangan di dalamnya. Saat proses tersebut penerapan skala yang digunakan dalam pembuatan miniatur bangunan rumah sangat berpengaruh.

Miniatur untuk Pembuatan Rumah

Anda pasti sudah tidak asing lagi kan dengan miniatur? Benda kecil yang menyerupai asli ini tentu memiliki ukuran tersendiri. Miniatur dibuat untuk keperluan pembangunan yang mungkin harus melalui desain khusus.

Selain itu, miniatur juga biasa menjadi aksesoris, misalnya gantungan kunci. Khusus untuk proses membangun rumah, miniatur harus melalui perhitungan skala perbandingan dengan yang asli. Lalu bagaimana cara menghitung skala perbandingan sebuah bangunan.

Penentuan skala ini harus sama, sehingga dapat teraplikasi dengan baik saat mulai pembangunan. Misalnya jika sebuah bangunan memiliki luas sebenarnya yaitu 200 m2. Sedangkan miniatur rumah dalam satuan cm dan bangunan asli adalah 1:20.

Apabila luas sebenarnya adalah 200m maka menjadi 20.000 cm. Kesimpulannya skalanya adalah 1 : 1000. Penerapan kala tersebut tentu untuk bangunan secara keseluruhan. Pihak konstruksi akan menghitungnya sesuai dengan rencana atau keinginan penyewa jasa.

Langkah Membuat Miniatur Rumah

1. Menyiapkan Alat dan Bahan

Poin pertama yaitu perlengkapan pembuatan. Umumnya miniatur rumah atau ruko memerlukan Styrofoam, kardus, triplek, korek api, dan stik es krim. Sedangkan peralatannya sendiri meliputi gunting, lem, kuas, penggaris, dan cutter. Coba cek biaya kontraktor ruko di Jogja.

2. Membuat Berdasarkan Rancangan

Gambar miniatur hasil perencanaan kemudian akan hadir dalam bentuk nyata meski dalam skala kecil. Ada beberapa fokus dalam membuat miniatur rumah yaitu alas maket yang merupakan tiruan dalam bentuk 3 dimensi. Selanjutnya ada dinding, atap, pewarnaan, serta pemasangan.

Itulah skala yang digunakan dalam pembuatan miniatur bangunan rumah sebelum memulai konstruksi. Perhatikan pula beberapa poin dalam membuat miniatur rumah supaya tidak terlalu kontras dengan wujud aslinya.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: redaksi@pewarta-indonesia.com. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA