by

8 Tips Memilih Water Heater yang Tepat untuk Keluarga

KOPI, Jakarta – Panas dan nyaman adalah dua hal yang selalu diinginkan oleh setiap orang, terlebih lagi saat mandi. Untuk mewujudkannya, Anda dapat menggunakan water heater terbaik. Namun, memilih water heater yang tepat tidaklah mudah, apalagi jika Anda memiliki keluarga yang besar.

Salah satu produk water heater yang populer dan banyak dicari adalah Panasonic water heater. Panasonic water heater hadir untuk memberikan solusi bagi Anda yang ingin mendapatkan kenyamanan mandi air hangat dengan keluarga.

Namun, untuk membeli water heater tentu tidak boleh sembarangan, bukan? Maka dari itu, untuk membantu Anda menemukan water heater yang ideal untuk kebutuhan keluarga, ikuti beberapa tips pentingnya di bawah ini.

1. Tentukan Jenis Water Heater

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah jenis water heater yang Anda inginkan. Ada 4 jenis water heater yang tersedia di pasaran, yaitu water heater listrik, solar water heater, gas water heater, dan heat pump water heater. Masing-masing jenis water heater memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Water heater listrik

Jenis water heater listrik adalah yang paling umum digunakan. Water heater listrik memiliki kelebihan berupa harganya yang relatif terjangkau dan mudah digunakan. Namun, water heater listrik juga memiliki kekurangan berupa konsumsi listrik yang tinggi.

Solar water heater

Kedua, solar water heater merupakan salah satu jenis water heater yang memanfaatkan energi matahari untuk memanaskan air. Solar water heater memiliki kelebihan berupa biaya operasional yang rendah dan ramah lingkungan. Sayangnya, solar water heater jenis ini memiliki tidak dapat digunakan pada malam hari atau saat cuaca mendung.

Gas water heater

Berikutnya, jenis gas water heater adalah jenis water heater yang menggunakan gas sebagai sumber panas. Gas water heater memiliki kelebihan berupa pemanasan yang cepat dan efisien. Meski demikian, gas water heater memiliki kekurangan berupa biaya operasional yang relatif tinggi dan berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran.

Heat pump water heater

Keempat adalah Heat pump water heater yang merupakan jenis water heater yang menggunakan pompa panas untuk memanaskan air. Heat pump water heater memiliki kelebihan berupa konsumsi listrik yang lebih rendah dibandingkan dengan water heater listrik. Namun, heat pump water heater juga memiliki kekurangan berupa harganya yang relatif mahal.

2. Pertimbangkan jumlah penghuni rumah

Kapasitas tangki water heater harus disesuaikan dengan jumlah penghuni rumah. Semakin banyak penghuni rumah, semakin besar kapasitas tangki water heater yang dibutuhkan.

Sebab, ukuran keluarga dan kebutuhan air panas Anda akan menentukan kapasitas yang dibutuhkan. Untuk keluarga kecil, water heater dengan kapasitas lebih kecil mungkin sudah cukup.

Sementara untuk keluarga yang lebih besar mungkin memerlukan water heater dengan kapasitas yang lebih besar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

3. Pilih water heater dengan fitur keamanan yang lengkap

Water heater merupakan peralatan listrik yang berpotensi menimbulkan bahaya kebakaran. Oleh karena itu, penting untuk memilih water heater dengan fitur keamanan yang lengkap, seperti:

  • Pada water heater listrik, pilih yang memiliki fitur anti-overheat
  • Pada water heater gas, pilih yang memiliki fitur anti-leak

Fitur anti-overheat akan mencegah water heater dari pemanasan yang berlebihan, yang dapat menyebabkan kebakaran. Fitur anti-leak akan mencegah air keluar dari tangki water heater, yang dapat menyebabkan korsleting dan kebakaran.

4. Perhatikan konsumsi listrik

Jika Anda menggunakan water heater listrik, penting untuk memperhatikan konsumsi listriknya. Pilihlah water heater dengan konsumsi listrik yang rendah untuk menghemat biaya listrik.

Anda dapat mengetahui konsumsi listrik water heater dengan melihat label efisiensi energi yang tertera pada produk. Label ini biasanya berupa huruf A hingga G, dengan A sebagai konsumsi listrik paling rendah dan G sebagai konsumsi listrik tertinggi.

5. Perhatikan garansi

Pastikan water heater yang Anda pilih memiliki garansi yang memadai. Garansi dapat memberikan perlindungan bagi Anda jika terjadi kerusakan pada water heater.

Garansi water heater biasanya berkisar antara 1 hingga 5 tahun. Pilihlah water heater dengan garansi yang lebih lama untuk mendapatkan perlindungan yang lebih baik

5. Ukuran dan Pemasangan

Ukuran water heater dan ketersediaan ruang untuk pemasangan juga harus diperhitungkan. Pastikan Anda memiliki cukup ruang untuk model yang Anda pilih, terutama jika Anda memilih model dengan tangki.

Pertimbangkan juga kemudahan pemasangan dan apakah Anda memerlukan bantuan profesional untuk memasang unit.

6. Ulasan dan Reputasi Merek

Sebelum melakukan pembelian, baca ulasan produk dan penelitian tentang reputasi merek. Merek seperti Panasonic water heater biasanya memiliki reputasi baik dalam hal kualitas dan layanan purna jual.

Ulasan atau review jujur dari pelanggan dapat memberikan wawasan berharga tentang kinerja dan keandalan produk dalam jangka panjang.

7. Pertimbangkan Budget

Budget atau dana yang Anda miliki akan memainkan peran besar dalam memilih water heater. Meskipun penting untuk tidak mengorbankan kualitas demi harga, ada banyak pilihan berkualitas yang sesuai dengan berbagai anggaran.

Tetapkan anggaran yang realistis dan cari water heater yang menawarkan keseimbangan terbaik antara harga, kualitas, dan fitur.

Memilih water heater yang tepat untuk keluarga memang tidak mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis, kapasitas, fitur, konsumsi listrik, garansi, dan anggaran.

Namun, dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat lebih mudah memilih water heater yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Nah, bagi Anda masih bingung memilih water heater, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli atau mencari informasi lebih lanjut di internet.

Salah satu tempat yang dapat Anda kunjungi untuk mencari produk water heater terbaik dan terpercaya adalah Blibli. Di Blibli, Anda dapat menemukan berbagai macam water heater dari berbagai merek, termasuk Panasonic water heater.

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika membeli produk Panasonic water heater di Blibli, salah satunya adalah promo dan diskon menarik. Tentu saja, promo ini akan membuatmu untung, bukan?

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera kunjungi Blibli dan dapatkan produk water heater terbaik pilihan Anda!

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA