by

Cara Membaca Trend Saham yang Naik

KOPI, Jakarta – Memahami bagaimana cara membaca uptrend merupakan modal penting bagi trader. Mengapa? Sebab hal ini dapat menjadi acuan dalam menentukan langkah selanjutnya. Trading adalah lingkungan kerja serba tak pasti.

Sebelum bergerak dan membuat keputusan, penting bagi kita memiliki hasil analisa yang jelas supaya terhindar dari resiko kerugian. Membaca trend saham merupakan salah satu bentuk upaya untuk mengetahui kemana harga akan bergerak.

Mengetahui pergerakan harga tentunya menguntungkan. Kita bisa mengambil keputusan akan tetap bertransaksi, atau menarik diri menghindari resiko. Khusus untuk Anda yang bingung dengan cara membaca trend saham, berikut kami rangkum panduannya. Simak ya!

1. Membaca Trend Saham Bullish

Secara umum, trend saham yang naik itu ada tiga. Salah satunya adalah trend saham bullish atau uptrend. Trend bullish terjadi ketika akumulasi pembelian jauh lebih besar daripada nilai penjualan. Hal yang perlu Anda perhatikan dari kondisi ini adalah posisi trend dari support.

Apabila trend sudah bergerak jauh dari support dan mendekati batas resistance, cara teraman adalah meninggalkan pasar. Kondisi seperti ini sangat berbahaya. Sangat disarankan bergegas meninggalkan pasar jika tak ingin merugi.

Apa yang terjadi jika trend benar-benar menembus resitance? Ada dua kemungkinan. Harga kembali naik, atau saham makin anjlok dan rugi besar. Ketika trend tembus resistance dan grafiknya sangat menanjak, kemungkinan hanya ada dua, rugi besar atau untung besar.  Pilihan ini sangat beresiko, bahkan trader ulung pun sering memilih untuk meninggalkan pasar.

2. Membaca Trend Saham Bearish

Tips kedua adalah bagaimana cara membaca trend saham yang naik dengan kondisi bearish. Trend saham ini adalah kondisi dimana saham mengalami penurunan dalam jangka waktu yang lama.

Menurut broker exness, ada dua faktor yang sering kali menjadi penyebab kondisi bearish ini terjadi. Pertama, kinerja yang buruk dan kedua adalah  big money buang uang. Kedua kondisi ini sangat berbahaya dan Anda lebih baik tidak memulai transaksi dengan trend seperti ini.

Terkadang, trend bearish bisa saja memberikan keuntungan. Terutama bagi trader ulung. Mengapa? Sebab mereka sudah terbiasa dengan situasi pasar, dan memiliki kemampuan membaca trend ini dengan baik, sehingga mudah baginya menemukan momentum dimana keuntungan terbuka lebar.

3. Membaca Trend Saham Sideway

Terakhir adalah bagaimana cara baca trend saham sideway. Kondisi ini terjadi akibat nilai jual dan nilai beli seimbang. Sehingga cenderung aman bagi trader jenis apa saja. Poin yang perlu menjadi analisa dalam kondisi seperti ini, adalah broker mana saja yang dominan.

Apabila pembelian dilakukan oleh satu broker saja, menandakan adanya akumulasi besar-besaran, dan Anda bisa memanfaatkannya dengan baik.

Itulah tadi tiga cara membaca trend saham yang naik. Mulai dari uptrend, downtrend dan juga sideway. Pengetahuan ini sama sekali tidak rumit. Siapa saja pasti bisa menguasainya asalkan punya niat belajar. Semoga beruntung! (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA