by

Pentingnya Mengenal Shares dalam Dunia Saham

KOPI, Jakarta – Saat-saat ini investasi saham atau pasar modal memiliki banyak peminat. Akan tetapi, sebelum terjun langsung dan masuk dalam pasar saham, setiap orang perlu memahami hal-hal esensial dan penting dari investasi itu. Kendalanya selama ini bahwasanya banyak orang belum memahami aspek-aspek yang penting dari investasi saham ini, salah satunya share.

Nah, kesimpulan yang kami ambil dari broker octafx, salah satu hal yang cukup penting adalah lembar saham atau biasa disebut shares. Untuk itu tanpa berlama-lama, saya akan menjelaskan tentang hal-hal yang mencakup pengertian shares atau lembar saham dan laba ini.  

Pengertian Share

Lembar saham atau shares adalah satuan yang digunakan dalam investasi saham untuk menunjukkan tanda kepemilikan saham.  Kepemilikian lembar saham berdasarkan modal awal investasi.

Contoh Anda dan teman Anda ingin membuka usaha dalam perseroan terbatas dengan masing-masing modal yang berbeda. Modal awal kalian senilai 1 milyar. Modal awal yang Anda siapkan senilai 800 juta sementara teman Anda senilai 400 juta. Maka presentasi kepemilikan modal antara Anda dan teman Anda adalah 80 persen dan 20 persen dari 1 milyar. 

Harga per lembar saham misalnya (tergantung kesepakatan pemodal) Rp. 10.000 per lembar.  Menurut presentasi kepemilikian modal, maka Anda mendapat 800.000 ribu lembar saham sementara teman Anda sebesar 200.000 lembar saham. Lembar saham ini sangat mempengaruhi pada harga saham yang Anda miliki.

Harga Saham Per Lembar (shares) dan Laba

Rasio harga saham atau Price earning ratio (PER) terhadap keuntungan bersih sangat mempengaruhi proses perhitungan harga saham per lembar. Perhitungan PER membagi harga saham dengan earning per share (EPS) atau laba untuk setiap saham.

EPS merupakan keuntungan bersih dari perusahaan dalam satu periode untuk setiap jumlah saham yang ada di pasaran.  Pembagian dividen, Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) untuk investor, dan Stock splits atau pemecahan saham sangat mempengaruhi perhitungan laba ini.

Sekian saja pembahasan mengenai pengertian shares atau lembar saham dan laba. Pengetahuan mengenai shares ini sangat penting bagi setiap orang yang berinvestasi dalam pasar saham. (*)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA