by

Plt Walikota Cimahi Resmikan Posyandu dan Nama Jalan Baru di Cibeber

KOPI, Cimahi – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Cimahi, Ngatiyana, meresmikan posyandu dan nama jalan baru di wilayah Cibeber. Kegiatan dilaksanakan di wilayah RT. 04 RW. 01, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jum’at (10/9/2021).

Posyandu atau Pos Pelayanan Terpadu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu petugas kesehatan. Posyandu merupakan Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM)

Hadir dalam peresmian tersebut, Camat Cimahi Selatan, Dani Bastiani; Lurah Cibeber, Odang Rustandi; Ketua TP PKK Kota Cimahi, Midjiati Ningsih Ngatiana; Ketua TP PKK Kecamatan Cimahi Selatan, Nonon Nurjanah; Ketua TP PKK Kelurahan Cibeber, Teti H. Mustikasari; Ketua RW.01, Dede Sofyan; Tokoh Masyarakat, dan para Kader Kesehatan khususnya kader-kader posyandu yang ada di RW. 01 Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi.

Dalam sambutanya, Plt Walikota Cimahi, mengingatkan pentingnya menjaga kesehatan dan pola hidup sehat yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, tetangga dan masyarakat. Dalam kondisi pandemi saat ini tidak hentinya mengingatkan agar untuk selalu mematuhi protokol kesehatan.

Selain daripada itu, dalam pidatonya, ngatiyana, mengapresiasi kepada Ketua RW. 01, Kelurahan Cibeber, beserta Ketua RT yang ada di RW. 01, yang telah mampu dan mau mewujudkan sesuatu yang penting sekali yang dibutuhkan masyarakat khususnya.

“Pada hari ini kita wajib bangga, dan saya sangat mengapresiasi terhadap Pak RW dan para Ketua RT yang ada di RW. 01, atas dukungannya bisa memiliki gedung posyandu. Mudah-mudahan ini bermamfaat bagi masyarakat, dan mudah-mudahan posyandu ini juga bisa digunakan untuk poswindu dan serbaguna untuk kepentingan masyarakat, terima kasih kepada masyarakat juga yang telah berpartisipasi, sehingga bisa membangun gedung posyandu, mulai dari tanah hibahnya, termasuk anggaran dan biayanya, alhamdulilah telah terbukti dan nyata bisa digunakan dan bermamfaat bagi masyarakat,” ucap ngatiyana.

Ketua TP PKK Cimahi Selatan, Nonon Nurjanah, berharap kader-kader PKK di wilayah Cimahi Selatan bisa terus bekerjasama dan terus berintegrasi dengan kegiatan-kegiatan seperti hal nya posyandu. “Sekarang posyandu itu memasuki kegiatannya posyandu Holistic Integratif, yang dimana kegiatan tersebut berintegrasi dengan PAUD, Bina BKB, Keluarga Balita, dan juga kegiatan Lansia nya. Jadi semuanya nanti akan berbasis di kegiatan posyandu,” tuturnya.

Teti H. Mustikasari, Ketua TP PKK Cibeber menambahkan bahwa posyandu yang pada hari ini diresmikan, akan dijadikan event perlombaan tingkat kecamatan, dan bisa membawa nama baik di tingkat Kota. “Mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh bagi posyandu-posyandu lainnya, dan menjadi tolak ukur bagi posyandu-posyandu yang ada di Kelurahan Cibeber, khususnya warga Cibeber, dan warga Cimahi umumnya,” ucapnya.

Usai meresmikan posyandu Melati 1A, Plt Walikota Cimahi, Ngatiyana beserta jajarannya, menuju lokasi kedua yang berjarak sekitar 100 meter dari lokasi pertama, untuk meresmikan jalan baru swadaya masyarakat yang masih berlokasi di wilayah RW.01 Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Jalan baru tersebut adalah jalan yang akan menghubungkan dari Cibeber ke Tipar, yang termasuk wilayah Kabupaten Bandung Barat. Dan nama jalan tersebut resmi dinamakan Jl. Ir. Soekarno, dan diresmikan oleh Plt Walikota Cimahi, Ngatiyana.

“Alhamdulilah Posyandu sudah kita resmikan berkat kerjasama RW. 01 Cibeber bersama KCIC yang mana telah membantu pembangunan posyandu, khususnya di RW. 01 Kelurahan Cibeber ini, dan Alhamdulilah juga bahwa jalan ini yang baru saja diresmikan adalah jalan tembus baru yang merupakan peralihan dari kemarin digunakan untuk KCIC, sehingga jalan hibah ini kita namakan Jl. Ir. Soekarno, dan mudah-mudahan bermanfaat untuk masyarakat,” Ucapnya.

Camat Cimahi Selatan, Dani Bastiani, mengatakan bahwa jalan baru yang baru saja diresmikan adalah tanah hibah dari KCIC yang diharapkan bisa bermamfaat untuk masyarakat.

“Rangkaian peresmian yang diresmikan hari ini ada dua kegiatan , yang pertama tadi itu posyandu, dan yang kedua ini adalah peresmian jalan tembus cibeber ke Bandung Barat. Saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat dan KCIC yang telah menghibahkan tanah untuk kepentingan masyarakat banyak dengan dibuatnya posyandu dan jalan baru ini, mudah-mudahan ini bisa dimamfaatkan buat kepentingan masyarakat, tapi dengan catatan harus sesuai dengan konsep-konsep Kota Cimahi,” tandasnya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cibeber, Tio Setyono, menambahkan bahwa pemberian nama jalan Ir. Soekarno yang baru saja diresmikan oleh Plt Walikota Cimahi, diprakarsai oleh tokoh masyarakat beserta aparatur yang ada di pemerintahan Kelurahan Cibeber, bahwa di masa lalu Presiden RI pertama, Ir. Soekarno pernah singgah di Cibeber, tepatnya di Pancanaka. Dan untuk menghormati dan mengenangnya, jalan ini diberi nama Jl. Ir. Soekarno. (Tedy)

Editor : NJK

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA