by

Wabup Patriana Temui Kadiskominfo Bali untuk Wujudkan Progam Unggulan ‘Smart City’ Jembrana

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba beserta Wabup Patriana Krisna, menggagas Progam Jembrana ‘Smart City’ yang merupakan salah salah progam unggulan dan progam tersebut sekaligus untuk menjawab berbagai tantangan di era digital. Untuk merealisasikan gagasan Pembangunan ‘Smart City’ tersebut, dalam hal ini Wabup Patriana Krisna melakukan koordinasi ke Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Bali, Kamis (9/09/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Wabup Patriana Krisna didampingi Asisten I, I Nengah Ledang; Kepala Bidang Stastistik, Ni Komang Hardiastuti; serta Kepala Bidang Infrastruktur dan Aplikasi, I ketut Raka Widiadnyana.

Wabup Patriana Krisna diterima langsung oleh Kadiskominfo Provinsi Bali, Gede Pramana, dalam rangka melakukan koordinasi Program ‘Smart City’.

Tujuan penerapan ‘Smart City’ diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat Kabupaten Jembrana, dalam menggunakan layanan yang telah disediakan oleh Pemkab Jembrana. Selain itu, juga untuk memberikan akses kepada masyarakat agar memantau perkembangan pembangunan, sehingga dapat berkembang pesat serta mempercepat terwujudnya kota yang sejahtera dan nyaman di Kabupaten Jembrana.

Lanjutnya pada kesempatan itu, Wabup Patriana Krisna mengatakan bahwa “Pemkab Jembrana perlu mengadopsi Implementasi ‘Smart City’ melalui progam tersebut berbagai data bisa dimanfaatkan sebagai bahan untuk mengola aset daerah, mulai dari sistem informasi instansi Pemkab Jembrana, sekolah, pelayanan kesehatan sampai pelayanan masyarakat lainya,” ucap Wabup Patriana Krisna.

Salah satu dari konsep ‘Smart City’ tersebut, adalah bertujuan untuk mengoptimalisasi pelayanan kepada masyarakat. “Sehingga Pemkab Jembrana dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan semua masalah bisa diantisipasi secara real-time, serta sebaliknya masyarakat dapat berkomunikasi, merasakan kemudahan dalam melakukan kegiatan, sehingga masyarakat merasakan kedekatannya dengan Pemkab Jembrana,” ujar Wabup Patriana Krisna.

Dengan demikian, Wabup Patriana Krisna berharap Diskominfo Provinsi Bali memberikan dukungan untuk Kabupaten Jembrana. Menurut beliau bahwa, mengintegrasikan informasi dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas anggaran dalam pelaksaan pembangunan di Pemkab Jembrana.

“Dan apabila data terintegrasi dengan baik maka bisa menghemat waktu maupun biaya, serta mengolah dan memanfaatkan data tersebut,” harap Wabup Patriana Krisna.

Hal yang senada disampaikan Kadiskominfo Provinsi Bali, Gede Pramana, mengatakan bahwa “Siap memberikan dukungan terkait progam ‘Smart City’ Kabupaten Jembrana. Bahwa fungsi Master Plan bagi sebuah kabupaten/kota sangatlah penting, agar kota tersebut memiliki arah dalam pengembangan ‘Smart City’ di kabupaten/kota,” ucap Kadiskominfo Bali.

Lanjutnya, “Dalam hal ini tentunya kami sangat mendukung penuh untuk kemajuan Kabupaten Jembrana, dan terus bersinergi, mengingat Kabupaten Jembrana merupakan pintu masuk pulau Bali, dan harus memiliki Master Plan ‘Smart City’,” pungkasnya. (Humas/AM)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA