by

Bagaimana Cara Kuliah Di Jerman Tanpa Agen?

KOPI, Jakarta – Untuk anda yang ingin kuliah di Jerman, tentu saja anda harus mengetahui bagaimana cara kuliah di Jerman tanpa agen termudah dan salah satu rekomendasinya ada di lembaga kursus bahasa Jerman Upstory.

Untuk anda Warga Negara Indonesia yang mungkin ingin berkuliah S1 di Jerman, tentu saja anda harus menempuh jalur pendidikan di Studienkolleg.

Dimana Studienkolleg sendiri merupakan institusi pendidikan wajib yang harus diikuti sebelum masuk ke Universitas guna mempersiapkan siswa yang berasal dari luar Jerman, Swiss dan juga Austria yang mana ijazah SMA nya tidak setara dengan ijazah dari SMA.

Hal ini karena ijazah SMA yang ada di INdonesia tidak setara dengan ijazah SMA Abitur di negara yang berbahasa Jerman itu. Di Indonesia sendiri ada banyak agen yang menawarkan jasa pelayanan dan juga persiapan Studienkolleg sebagai warga Indonesia yang baru lulus SMA.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa terkadang terdapat masalah yang sering dialami oleh siswa Indonesia yang datang ke Jerman melalui jalur agen. Apalagi jika agen yang dipilih tidak bertanggung jawab.

Bagaimana Cara Kuliah Di Jerman Tanpa Agen

Sejak tahun 2014 lalu, ada 16 negara bagian dari Jerman yang sudah menghapus biaya kuliah di program gelar Sarjana. Jadi semua universitas tidak mematok biaya untuk program studi jenjang S1.

Dengan begitu maka artinya adalah mahasiswa yang mengambil program sarjana dari dalam dan juga dari luar negeri bisa mendapatkan layanan kuliah tanpa biaya dengan mudah.

Namun walaupun begitu anda juga harus tahu bahwa masih ada biaya kecil yang harus anda bayarkan setiap semesternya. Dimana biaya ini tidak lebih dari 100 Euro setiap semesternya.

Biaya ini juga sudah mencakup biaya administrasi, layanan dukungan dari mahasiswa dan juga biaya-biaya lainnya yang tidak dapat dihindari.

Lalu bagaimana kuliah di Jerman tanpa agen? Nah berikut dibawah ini sudah saya sajikan informasinya dengan lengkap.

Mengurus Visa Dan Residence Permit

Langkah pertama untuk anda yang ingin kuliah di Jerman tanpa agen tentu saja adalah dengan mengurus Visa dan juga Residence Permit. Dimana sebagai mahasiswa internasional, tentu saja anda juga akan membutuhkan visa untuk bisa datang dan berkunjung ke negara Jerman.

Nah karena disini anda tidak menggunakan agen untuk berkuliah di Jerman, tentu saja anda sendiri yang harus mengurus semua persyaratan termasuk juga mengurus Visa Dan juga Residence Permit secara manual tanpa bantuan orang lain.

Namun tidak perlu khawatir, karena mengurus Visa dan juga Residence Permit ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Bahkan tidak memakan waktu hingga berminggu-minggu, visa yang anda buat bisa langsung jadi.

Bukti Sumber Keuangan Dan Bantuan Keuangan

Sebelum anda mulai kuliah, tentu saja anda juga harus mempersiapkan bukti jika anda mempunyai uang yang cukup untuk biaya hidup di Jerman. Sebab kebanyakan para pendaftar juga harus menyertakan jika mereka mempunyai uang 8000 Euro di rekening mereka dalam kurun waktu 1 tahun.

Sebab, memang biaya kuliah di Jerman itu gratis. Namun tentu saja anda juga harus memiliki biaya untuk membayar makan dan juga biaya hidup lainnya.

Kemampuan Berbahasa Jerman

Berikutnya karena anda akan kuliah di Jerman, maka anda juga harus memiliki kemampuan berbahasa serta kecakapan bahasa Jerman. Sebab banyak juga beberapa universitas di Jerman yang nantinya menggunakan bahasa Jerman dalam proses pengajarannya.

Oleh sebab itu, syarat untuk bisa berkuliah di Jerman tentu saja adalah anda juga harus memiliki kemampuan dalam berbahasa Jerman.

Menentukan Universitas Yang Diinginkan

Terakhir tentu saja anda juga harus menentukan universitas yang diinginkan. Dimana ada banyak pilihan Universitas di Jerman yang bisa dipilih oleh setiap pelajar yang ingin kuliah di Jerman. Oleh sebab itu, tentu saja anda harus menentukan Universitas mana yang ingin anda pilih.

Dengan menentukan Universitas yang diinginkan maka anda juga bisa mengetahui syarat-syarat tambahan lainnya yang dibutuhkan untuk mendaftar kuliah di Universitas tersebut.

Bahkan tanpa agen pun anda juga bisa berkuliah id Universitas yang anda inginkan.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA