by

Kuliner Khas Jawa Timur yang Paling Legendaris

KOPI, Nganjuk – Pada artikel sebelumnya, penulis telah menyajikan kuliner khas Jawa Timur yag paling legendaris. Berikut ini akan penulis melanjutkan makanan khas Jawa Timur yang tak kalah lezat dan tak kalah legendaris jika dibandingkan dengan yang sebelumnya, diantaranya sebagai berikut :

1. Nasi krawu

Makanan khas Gresik ini sangat melengenda di kawasan Jawa Timur. Penyajian dari nasi krawu ini disajikan dengan daun pisang sebagai piringnya. Lauknya juga dibilang khas dan enak seperti sambal trasi, jeroan sapi, serundengnya yang sangat lezat. Makanan ini lebih enak dimakan saat sarapan yang pastinya bakal membuat lidah anda bergoyang karena kenikmatannya.

2. Sate Madura

Sate yang dimiliki pulau ini terkenal akan khasnya yang disukai banyak orang dan sangat menggiurkan. Kuliner Sate khas Madura memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan sate khas daerah lainnya meskipun memiliki berbagai jenis daging yang digunakan (seperti daging kambing, daging sapi, dan juga daging ayam). Tak heran, jika makanan yang satu ini sangat populer di seluruh kawasan nusantara. Kelezatan sate ini tidak bisa diragulkan lagi karena rasanya yang khas dan begitu lezat.

3. Bebek sinjay

Bebek sinjay merupakan makanan khas Bangkalan Madura ini sangat populer bahkan hingga ke pelosok tanah air. Bumbu goreng dari bebek sinjay ini memiliki ciri khas dan rasanya sangat gurih. Lebih nikmat lagi jika makanan ini ditemani dengan nasi hangat dan sambal pencitnya yang khas.

Sambal pencitnya ini lah yang membuat anda akan ketagihan setelah menikmatinya. Pokoknya, jadikan makanan ini sebagai list daftar makanan yang wajib untuk anda coba ketika berada di Jawa Timur, khususnya Bangkalan, Madura.

4. Rujak soto

Kuliner khas banyuwangi ini sangat populer dan memiliki cita rasa yang enak tersendiri. Perpaduan antara rujak dan sotonya yang kuning menjadikan makanan ini sangat enak.  Anda bisa dengan mudah menemukan makanan ini di sepanjang jalan kawasan Banyuwangi.

5. Sambel wader

Makanan ini merupakan salah satu makanan khas dari Mojokerto yang banyak orang yang menyukainya. Wader merupakan ikan air tawar yang kecil – kecil yang tinggalnya di sungai. Wader yang digorenghingga kering dan renyah menjadikannya sangat gurih ketika disanyap. Sambal khas yang ada juga sangatlah lezat. Menikmati sambal wader ini lebih lezat jika dinikmati bersama nasi pulen yang hangat. Dijamin anda bakal ketagihan setelah memakannya.

Itu tadi beberapa kuliner khas Jawa Timur yang paling legendaris. Makanan tersebut tidak hanya terkenal dikawasan Jawa Timur saja, bahkan anda bisa menemui warung makan yang ada di wilayah Indonesia lainnya dan tidak hanya ada di Jawa Timur saja. Anda harus menikmati makanan tersebut ketika sedang berada di Jawa Timur. Selamat mencoba dan terima kasih.

Temukan tips lainnya di https://hoteloceanicdakar.com/

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA