by

Berikut Oleh-Oleh Khas Klaten Yang Pupuler dan Wajib Kamu Coba

KOPI, Jakarta – Pergi berlibur atau berkunjung ke rumah saudara, tidak lengkap rasanya apabila pulang tidak membawa oleh oleh. Bagi kamu yang sedang berlibur atau mengunjungi rumah saudara yang berada di Klaten, maka kamu wajib untuk membawa pulang oleh-oleh khas Kota Klaten yang beragam. Perlu diketahui, bahwa ada banyak sekali oleh-oleh yang bisa kamu beli untuk dijadikan buah tangan.

Diantaranya yakni mulai dari jajanan, makanan, sampai kerajinan tangan yang unik. Namun selain oleh-oleh berupa barang, Kota Klaten sendiri juga mempunyai kuliner beragam dan khas yang tentunya wajib kamu coba dan beberapa diantaranya cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Nah, bagi kamu yang ingin merencanakan berwisata di Klaten, kamu perlu mengetahui kuliner Klaten yang wajib kamu coba. Oleh karena itu kami akan merekomendasikan beragam oleh-oleh yang bisa kamu beli di kota Klaten, simak ulasannya dibawah ini.

1. Slondok

Slondok merupakan salah satu makanan yang diolah dari bahan dasar singkong dan merupakan makanan yang khas dari Klaten. Makanan ini umumnya mempunyai 2 bentuk, yaitu panjang pipih seperti keripik sanjai dan bulat seperti cincin.

Dalam hal ini untuk membuat kedua bentuk tersebut, tentunya dibutuhkan proses pembuatan yang berbeda. Namun meskipun berbeda dalam proses pembuatannya, keduanya mempunyai tekstur yang renyah dan gurih.

2. Getuk Klaten

Getuk Klaten adalah makanan tradisional khas kota Klaten. Namun selain nama getuk Klaten, makanan ini juga kerap disebut dengan getuk yoko karung. Bahan dasar pembuatan makanan ini yaitu dari singkong yang dihaluskan sampai adonan menjadi empuk dan kenyal.

Namun ada yang berbeda dari getuk khas Klaten ini, biasanya getuk dari Klaten ini memiliki isian seperti selai nanas yang manis. Dengan ditaburi parutan kelapa yang gurih, tentunya akan semakin menambah rasa dari getuk yoko menjadi lebih nikmat.

3. Keripik Cakar

Mungkin sebagian orang mengira bahwa keripik cakar merupakan keripik yang berbentuk seperti cakar. Memang benar keripik ini dibuat dari bahan dasar ceker ayam yang sudah dibersihkan, lalu digepuk atau dipukul dan diambil tulangnya saja. Keripik cakar ini bertekstur krispi, karena dalam proses pembuatannya dibuat kering dan matang merata.

4. Semprongan

Semprongan atau semprong merupakan salah satu jenis makanan oleh-oleh khas dari Klaten yang berupa kue kering. Kue yang memiliki bentuk unik yaitu seperti pipa silinder tipis ini mempunyai cita rasa yang khas dan menjadi oleh-oleh yang sering diburu oleh orang-orang ketika berkunjung ke Klaten.

5. Keripik Belut

Jika kamu bingung memilih oleh-oleh ketika berkunjung di Klaten, keripik belut bisa menjadi pilihan buah tanganmu ketika berkunjung di kota Klaten. Sebab keripik belut memiliki rasa yang gurih dengan aroma yang khas, oleh karena itu tak heran kenapa keripik ini sering diborong oleh wisatawan.

Itulah beberapa makanan khas kota Klaten yang bisa kamu jadikan buah tangan ketika sedang berkunjung ke Klaten. Namun selain itu, masih banyak lagi kuliner dan barang-barang khas dari kota Klaten yang bisa kamu temui di pusat oleh-oleh.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA