by

5 Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

KOPI, Kediri – Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui beberapa informasi mengenai manfaat minyak kelapa, mulai dari manfaat hingga harga minyak kelapa murni dari berbagai merek.

Minyak kelapa adalah minyak nabati yang diekstraksi dari daging kelapa matang dan dipanen dari pohon kelapa. Kelapa, terlepas dari namanya, secara teknis bukanlah kacang tetapi buah berbiji (buah berbiji tunggal).

Baik itu meminum air kelapa, menggunakan minyak sebagai pelembab atau menambahkan sesendok penuh ke roti, kami telah melihat kelapa menjadi terkenal di dapur dan kamar mandi kami. Minyak kelapa murni dianggap memiliki kualitas lebih tinggi daripada minyak kelapa olahan dan dikatakan lebih kaya polifenol antioksidan serta nutrisi seperti vitamin E.

BACA JUGA: Manfaat Kolagen Roove bagi Kesehatan Kulit dan Kecantikan Wanita

Manfaat Minyak Kelapa untuk Kesehatan

5 manfaat minyak kelapa

1. Mengandung Asam Lemak Rantai Sedang

Minyak kelapa berbeda dari minyak makanan lainnya, karena terutama terdiri dari asam lemak rantai menengah, sedangkan sebagian besar minyak lainnya hampir seluruhnya merupakan asam lemak rantai panjang. Ini berarti bahwa asam lemak dalam minyak kelapa terdiri dari rantai enam sampai 12 atom karbon, berlawanan dengan lebih dari 12 yang ditemukan dalam asam lemak rantai panjang.

Perbedaan struktur ini memiliki segala macam implikasi, mulai dari bagaimana minyak dicerna hingga bagaimana pengaruhnya terhadap tubuh Anda.

2. Memiliki Sifat Anti Inflamasi, Anti Mikroba dan Anti Jamur

Sekitar 50% asam lemak rantai dalam minyak kelapa adalah jenis yang disebut asam laurat, yang berkontribusi pada sifat antiinflamasi, antimikroba, dan antijamur minyak .

3. Bermanfaat dalam Perawatan Kondisi Kulit

Bukti yang terbatas tetapi konsisten tampaknya mendukung penggunaan minyak kelapa secara topikal untuk pencegahan dan pengobatan kasus kondisi kulit kronis ringan hingga sedang, seperti dermatitis atopik. Itu juga telah terbukti meringankan beberapa kondisi kulit yang kompleks, seperti eksim atau psoriasis.

4. Dapat Melindungi Rambut dari Kerusakan

Asam laurat dalam minyak kelapa tampaknya memiliki afinitas tinggi terhadap protein rambut dan, karena struktur minyaknya, mampu menembus ke dalam batang rambut.

Ini berarti minyak kelapa dan produk yang terbuat darinya mungkin berguna untuk mencegah kerusakan rambut yang disebabkan oleh hilangnya protein akibat perawatan dan paparan sinar ultraviolet (UV). Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini.

5. Bermanfaat dalam Pencegahan Gigi Berlubang

Studi baru menunjukkan praktik penggunaan minyak kelapa mungkin bermanfaat untuk pencegahan karies gigi dengan mengurangi pembentukan plak dan radang gusi.

Namun, keterbatasan dalam ukuran sampel dan durasi berarti lebih banyak uji coba terkontrol acak yang dirancang dengan baik diperlukan untuk menentukan nilai sebenarnya dari minyak kelapa untuk tujuan ini.

Apakah Minyak Kelapa Aman untuk Semua Orang?

Kelapa biasanya aman bagi kebanyakan orang, tetapi beberapa orang dewasa dan anak-anak mungkin mengalami alergi terhadap kelapa atau anggota keluarga tanaman Arecaceae lainnya, termasuk minyaknya.

Jika Anda mencari minyak kelapa untuk mendukung penurunan berat badan atau kesehatan jantung, Anda mungkin perlu berpikir ulang. Meskipun asam lemak rantai lebih kecil kemungkinannya untuk disimpan dalam tubuh sebagai lemak dan lebih mudah digunakan sebagai sumber energi, hal ini tampaknya tidak seefektif minyak kelapa.

Ini karena sebagian besar asam lemak rantai dalam kelapa adalah asam laurat, yang memiliki rantai karbon yang relatif panjang, membuatnya berada di antara asam lemak rantai sedang yang bermanfaat dan trigliserida rantai panjang yang tidak terlalu bagus.

Perlu dicatat bahwa EFSA belum menemukan bukti yang cukup bahwa asam lemak yang ada dalam minyak kelapa, seperti yang sering dikutip, dapat mengurangi berat badan. Selain itu, meski banyak klaim kesehatan, minyak kelapa bukanlah pilihan terbaik untuk menurunkan kolesterol LDL atau mendukung kesehatan jantung.

Harga Minyak Kelapa Murni Berbagai Merek

Harga Minyak Kelapa Murni

Melansir situs Sesa.id, harga minyak kelapa sendiri cukup bervariasi. Mulai dari Rp 33.000 hingga Rp 190.000. Tentunya, setiap merek dan jenis memiliki harga yang berbeda, dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut ini daftar tabel harga minyak kelapa yang dilansir dari situs Sesa.id:

ProdukHarga
Minyak Kelapa Pouch Barco 1000 MlRp. 32.900
Minyak Kelapa Barco Botol 1000mlRp. 33.900
Minyak Kelapa Kara-1000 MLRp. 36.900
Brandfree Minyak Kelapa 1000 MlRp. 38.900
Minyak Kelapa Pouch Barco 2000 MlRp. 63.000
Minyak Kelapa Barco Botol 2000mlRp. 66.900
Minyak Kelapa Kara-2000 MlRp. 70.900
Coconut Oil Bali Nutra 250mlRp. 79.900
Minyak Kelapa Murni Organik VCO SESA 800 MlRp. 110.900
Brandfree Minyak Kelapa 5000 MlRp. 189.900

Minyak kelapa murni di atas memiliki harga yang berbeda-beda, kamu kunjungi situs Sesa.id untuk mendapatkan informasi selengkapnya. Anda juga bisa download aplikasi Sesa.id di Google Playstore dan App Store.

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected] Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA