by

Walikota Bitung: Kami Memberi Perhatian Besar bagi Pertanian

KOPI, Bitung – Kendati hujan turun begitu deras, tidak mengurangi niat seorang Walikota Bitung, Ir. Maurits Mantiri, MM, untuk menghadiri pencanangan penanaman Sereh Merah Wangi yang diselenggarakan Rabu, 19 Mei 2021. Acara itu berlangsung di lokasi Pusat Pelatihan Pertanian Swadaya, Kelurahan Sagerat Weru Dua, Kecamatan Matuari.

Walau harus menaiki Traktor untuk tiba di lokasi, Walikota yang dikenal dekat dengan rakyat ini langsung menyapa para Petani dan ASN Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung. Maurits Mantiri sambil tersenyum mengatakan, ”Ini hujan berkat bagi Petani.”

Pada kegiatan penanaman Sereh Merah Wangi ini juga hadir Kepala BPTP Balitbangtan (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian – red) Provinsi Sulawesi Utara, dr. Steivie Karouw, STP, M.Sc. Dalam sambutannya, dr. Steivie mengapresiasi Walikota Bitung yang sangat bersemangat membangkitkan dunia pertanian.

“Kami BPTP diberi tugas khusus oleh staf ahli Kementerian Pertanian untuk mengawal program Pertanian di Kota Bitung,” kata Karouw.

Di sela-sela acara, Kepala BPTP memberikan ole-ole berupa kalung aromatherapi eucalyptus yang diproduksi oleh BPTP kepada Walikota Bitung. “Kalung aromatherapi eucalyptus ini sudah melalui tahap penelitian dan ini 90% anti Corona,” jelas wanita ramah ini.

Walikota Bitung dalam sambutannya mengucapkan banyak terima kasih kepada BPTP yang bersedia mendampingi dan membantu Pertanian di Kota Bitung. “Jajaran BPTP adalah orang orang ahli dan profesional di Pertanian, apa yang mereka rekomendasikan pasti telah melalui tahap tahap penelitian,” kata Mantiri.

Kepada jajaran Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung, Walikota mengatakan untuk tetap bersemangat membantu Petani.
“Saya selalu menekankan jajaran Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian hasilnya bukan kertas,” ujar Mantiri.

Dalam sambutannya Maurits Mantiri mengatakan bahwa Sereh Merah Wangi adalah tanaman siap dieksport. Jepang adalah sasaran eksport Sereh Merah Wangi tersebut.

“Tanam sebanyak-banyaknya, jangan gunakan pupuk kimia harus organik, pemasarannya nanti kami atur, saya punya jaringan untuk itu,” jelas Walikota.

Salah satu petani, Helmi Piri ketika diwawancarai mengatakan bahwa Walikota yang memberi perhatian bagi petani sungguh mendatangkan semangat bagi para petani. “Jika Walikota konsisten seperti ini, pertanian di Kota Bitung akan cerah,” ujar petani muda tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung, Sonny Wenas, S.Sos, MAP, yang menyelenggarakan kegiatan ini mengucapkan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan penanaman ini.

“Apa yang menjadi arahan Walikota akan menjadi tanggung jawab besar bagi kami untuk memenuhinya,” kata Sonny.

Acara yang diguyur hujan tersebut berlangsung dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. (Bung Neo)

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA