by

Tinjau Pelaksanaan Gerakan Pangan Murah, Bupati Jembrana: Ini untuk Menurunkan Inflansi Daerah

KOPI, Jembrana – Pemerintah Kabupaten Jembrana melalui Dinas Pertanian dan Pangan melaksanakan Gerakan Pangan Murah, bertempat di Taman Pecangakan, Depan Kantor Bupati Jembrana, Bali, Senin (26/6/2023). Kegiatan tersebut ditinjau langsung oleh Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wabup Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna didampingi para Asisten serta Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana.

Gerakan pangan murah dilaksanakan serentak secara nasional melalui dinas yang membidangi pangan di masing-masing kabupaten/kota. Kegiatan tersebut sebagai upaya menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan bahwa komoditi yang disediakan dalam kegiatan gerakan pangan murah merupakan bahan pangan unggulan dalam upaya menjaga stabilitas harga pangan. Salah satunya komoditi cabai yang secara gencar ditingkatkan oleh Kabupaten Jembrana sejak tahun lalu.

“Apa yang disajikan sekarang, sebagai bahan produksi andalan Kabupaten Jembrana yang merupakan bagian dari intervensi dalam rangka penanganan penurunan inflasi yang ada di Kabupaten Jembrana. Komoditi cabai yang disajikan juga salah satu intervensi pemerintah,” ucap Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba menyampaikan bahwa apa yang telah diupayakan Pemerintah Kabupaten Jembrana telah berhasil menjaga stabilitas bahan pangan di pasaran, menurutnya, hal ini untuk memberikan dampak positif bagi petani dan masyarakat. “Ini bukti apa yang kita lakukan untuk menurunkan inflasi daerah sudah kita buktikan hari ini, seperti harga cabai di pasar sudah bisa kita stabilkan dan saya sudah menjadi win-win solution antara petani dengan masyarakat,” ujar Bupati Tamba.

Selain itu, Bupati Tamba juga selalu melibatkan UMKM dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan Pemkab Jembrana, kehadiran UMKM tersebut menjadi motor penggerak pemanfaatan sumber bahan pangan menjadi produk-produk yang bernilai lebih tinggi. “Ada produk UMKM hari ini yang kita sajikan bagian pada aktivitas pemanfaatan sumber pangan yang ada di Kabupaten Jembrana,” tandas Bupati Tamba.

Dalam kesempatan tersebut, Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, I Wayan Sutama menjelaskan bahwa selain menyambut Hari Raya Idul Adha. Gerakan pangan murah juga bertujuan untuk menekan laju inflasi daerah dan memudahkan masyarakat membeli pangan dengan harga yang lebih murah.

“Gerakan pangan murah ini dalam rangka mengantisipasi hari besar keagamaan nasional, karena menjelang Har Raya Idul Adha, gerakan pangan murah dilakukan oleh pemerintah seluruh Indonesia dan untuk di Kabupaten Jembrana kita laksanakan di Taman Pecangakan ini untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat terutama dalam mendukung stabilitas pasokan dan harga pangan di masyarakat,” ucap Kadis Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana I Wayan Sutama.

I Wayan Sutama mengungkapkan bahwa dalam pelaksanaan gerakan pangan murah, pihaknya melakukan kerjasama dengan berbagai sektor untuk menyediakan bahan pangan yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Gerakan pangan murah yang kita laksanakan hari ini diinisiasi oleh Badan Pangan Nasional bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Jembrana terutama Dinas Pertanian dan Pangan, Koperindag, Kominfo dan seluruh stakeholder lainnya termasuk Bulog, UMKM, Kelompok Wanita Tani, Penyuluh Pertanian, Kelompok Ternak dan lainnya,” ungkap I Wayan Sutama.

Sejumlah kebutuhan pokok terpantau dijual dengan harga cukup murah dibandingkan dengan di pasaran, diantaranya:

  1. Beras medium berat 5 Kg dijual dengan harga Rp42.000
  2. Beras kualitas premium 5 Kg dijual dengan harga Rp59.000
  3. Minyak goreng perliter dan gula pasir per Kg masing-masing dijual mulai harga Rp13.500
  4. Cabai dijual mulai harga Rp5 ribu per 1/4 Kg.

Demikian harga kebutuhan pokok yang dijual dengan harga murah. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA