by

Presiden Joko Widodo Resmikan Modeling Kawasan Tambak Budi Daya Ikan Nila Salin di BLUPPB Cilebar Karawang

KOPI, Karawang – Presiden Joko Widodo didampingi jajarannya meresmikan Modeling Kawasan Tambak Budi Daya Ikan Nila Salin di BLUPPB Dusun Sukajadi, Pusakajaya Utara, Kecamatan Cilebar, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Rabu 8 Mei 2024. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan banyak lahan tambak udang di Pantai Utara Pulau Jawa yang telah lama kosong.

“Idle, tidak ada kegiatannya di sana, tambak seluas 78 ribu hektare dari Serang sampai Banyuwangi, dari Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, merupakan tambak yang idle,” ujarnya.

Selanjutnya, Presiden Jokowi mengatakan bahwa akan dipersiapkan untuk lahan tambak ikan nila. “Kita akan siapkan tambak untuk ikan nila, karena kalau untuk tambak udang sudah nggak mungkin lagi. Ikan nila memiliki demand pasar dunia yang sangat besar sekali,” tegas Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, demand pasar dunia terhadap ikan nila tahun ini mencapai US$ 14,4 miliar atau kurang lebih Rp230 triliun. Ini merupakan potensi yang sangat besar. “Oleh sebab itu, besarnya permintaan ini harus kita manfaatkan, tetapi juga jangan langsung membuat yang gede, saya setuju bahwa dibuat model dulu, ada modelingnya dulu. Kalau modelingnya sudah benar, yang diinfokan ke saya dari yang biasanya 1 hektare hanya 0,6 ton per hektare, menjadi 80-an ton per hektare,” papar Presiden Jokowi.

Lanjutnya, hal tersebut akan mampu membuka lapangan kerja yang besar sekali. Anggaran yang dibutuhkan untuk membuka tambak budi daya ikan nila salin di atas lahan seluas 78 ribu hektare mencapai Rp13 triliun.

“Menurut saya kalau Rp.13 triliun dari Banten sampai ke Jawa Timur, dari Serang sampai ke Banyuwangi semuanya bisa dikerjakan, saya kira akan mengangkut tenaga kerja yang sangat besar sekali dan Rp13 T bukan uang yang banyak,” ujar Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Kepala Negara RI tersebut mengatakan kalau memang program ini sangat visible, maka akan disiapkan dalam APBN 2025. Presiden Jokowi berjanji akan membisikkan kepada Pemerintahan Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk merealisasikan mimpi ini. “Saya rasa itu yang bisa saya sampaikan. Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini saya resmikan modeling kawasan tambak budidaya ikan nila salin kawasan di BLUPPB di Kabupaten Karawang Provinsi Jawa barat,” pungkasnya. (DJ/Tim)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA