by

Inilah Kekuatan Militer Filipina yang Diremehkan Teroris

Kekuatan Militer Filipina Filipina Korps Marinir dengan V300 + meriam (foto: Timawa)

MANILA – Seorang anggota DPR Filipina telah meminta Kongres untuk segera memberikan persetujuan pendanaan bagi program modernisasi Angkatan Bersenjata Filipina (AFP) untuk meng-upgrade kemampuan tempur prajurit di lapangan.

Muntinlupa City Representative, Rodolfo Biazon, yang juga adalah Ketua Komite di DPR Filipina urusan pertahanan dan keamanan nasional, mengatakan ada kebutuhan untuk segera menyetujui House Bill 4949 yang berisi upaya untuk mengamandemen Undang-Undang Republik 7898, atau dikenal sebagai AFP Modernisasi Act, sebagai program saat ini yang akan berakhir pada bulan Desember tahun ini.

“Program modernisasi harus fokus pada keamanan internal untuk dapat mengatasi beberapa daerah-daerah kritis di negeri ini,” katanya.

Biazon mengatakan P428 diusulkan miliar untuk lima tahun pertama dari program modernisasi sebagaimana ditentukan menurut HB 4949, yang menulis, akan digunakan untuk pengadaan perangkat keras militer baru.

Amunisi dan Persenjataan Militer Filipina

Selain senjata api dan amunisi, AFP Membutuhkan helikopter yang lebih banyak untuk mengangkut senjata dan perlengkapan medis. Dan tentunya untuk mengangkat tentara yang terluka dan feri mereka ke dan dari rumah sakit.

Biazon mengatakan Kongres dapat menggunakan laba Malampaya diperkirakan P103 miliar untuk rencana modernisasi. “Sebuah bagian dari jumlah yang bisa dialokasikan untuk pengadaan helikopter lebih untuk operasi lapangan,” katanya.

Data menunjukkan bahwa pada tahun 2002, AFP memiliki kekuatan 106.000 tentara, dengan cadangan 131.000 laki-laki. Angkatan Darat, dengan 73.000 personil, memiliki divisi infanteri delapan dan lima batalyon insinyur. Peralatan termasuk 40 tank Scorpion.

Angkatan Laut memiliki total 24.000 personel, termasuk 7.500 Marinir, dengan satu kapal fregat dan 58 patroli dan kombatan pesisir. Filipina Angkatan Udara (PAF) memiliki kekuatan 16.000, dengan 49 pesawat tempur dan 67 helikopter bersenjata.

Dalam tahun-tahun sebelumnya, PAF mampu membeli pesawat pelatih baru SF-260 dan helikopter menyerang malam. Itu juga di set untuk memperoleh delapan pesawat latih dasar, tambahan 10 Huey UH-1H helikopter utilitas, delapan merek helikopter tempur baru utilitas, delapan helikopter serang baru, dua pesawat ringan angkat, dan 12 helikopter pelatih.

“Sebagai kepala mantan AFP, aku akan tahu dan akan mampu melihat lebih dekat pada cara rencana modernisasi AFP akan lebih tepat dan bermanfaat, tidak hanya untuk militer Filipina tetapi untuk pemerintah dan rakyat,” kata Biazon.

“Ada kebutuhan untuk merekomendasikan jumlah yang akan memberikan modernisasi AFP program modernisasi yang lebih realistis dan efektif merespon kebutuhan riil lengan militer negara itu,” katanya. (PNA)

Jika kamu menyukai berita militer seperti ini maka kamu bisa membaca artikel serupa di blog militer https://literacymiliter.com. Di blog militer ini kamu akan mendapatkan banyak sekali konten berupa artikel mengenai dunia militer yang mungkin kamu butuhkan. Terimakasih sudah membaca artikel ini, selamat berkunjung!

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA