by

Bupati Tamba Serahkan Bantuan Insentif Petani dan Peternak

KOPI, Jembrana – Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wakil Bupati Jembrana I Gede Patriana Krisna dan Ketua DPRD Jembrana Ni Made Sri Sutharmi menyerahkan Bantuan Insentif kepada petani dan peternak yang merupakan warga terdampak banjir bandang di sejumlah wilayah di Jembrana, bertempat di Gedung Kesenian Ir. Soekarno, Jembrana Bali, Senin (15/5/2023). Bantuan yang diserahkan secara simbolis tersebut sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah bagi warga terdampak musibah banjir bandang beberapa waktu lalu.

Dikesempatan yang sama, juga diserahkan bantuan alat-alat dan mesin pertanian (Alsintan) bagi Kelompok Tani/ Subak Abian Di Kabupaten Jembrana. Adapun jumlah bantuan sosial/insentif yang diserahkan kepada kelompok tani/ternak, untuk bantuan usaha pertanian adalah sebagai berikut:

  1. Usaha tani senilai Rp234.975.000
  2. Usaha tani jagung senilai Rp50.000.000
  3. Usaha tani kedelai senilai Rp80.700.000
  4. Ternak sapi senilai Rp60.000.000
  5. Ternak kerbau senilai Rp8.000.000
  6. Ternak kambing senilai Rp15.000.000
  7. Ternak babi senilai Rp20.400.000

Sedangkan bantuan Alsintan perkebunan berupa alat, yaitu sebagai berikut:

  1. Mesin pemotong rumput sebanyak 60 unit
  2. Hand Sprayer sebanyak 35 unit
  3. Timbangan duduk sebanyak 2 unit
  4. Kotak Fermentasi sebanyak 16 unit.

Bantuan Alsintan tersebut bersumber dari dana APBD senilai Rp193.180.000.

Kadis Pertanian dan Pangan Jembrana I Wayan Sutama menjelaskan bahwa tujuan bantuan tersebut untuk mendukung pengembangan komoditas kakao dari hulu hingga hilir hal tersebut untuk mewujudkan Jembrana sebagai kawasan kakao dan Kota Coklat. “Bantuan sosial yang diberikan dalam bentuk uang kepada para petani yang usaha pertaniannya yang terdampak banjir bandang, hal tersebut bertujuan untuk meringankan beban hidup sosial maupun ekonomi mereka, dengan bersumber anggarannya dari DID tambahan tahun 2023,” jelas Kadis Pertanian dan Pangan I Wayan Sutama.

Atas bantuan yang telah diberikan, Bupati Jembrana I Nengah Tamba berpesan agar memanfaatkan serta menjaga bantuan yang sudah diberikan, ia juga berharap bantuan tersebut dapat bermanfaat secara tepat. “Saya ingatkan kepada masyarakat yang sudah menerima bantuan tersebut agar betul-betul menjaga bantuan ini, kedepan saya juga akan meninjau langsung dan memastikan agar bantuan tersebut di manfatkan dengan sebaik-baiknya,” pesan Bupati Tamba.

Terkait bantuan tersebut Bupati Tamba berharap agar dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat meringankan beban hidup sosial maupun ekonomi masyarakat terdampak. “Saya harap bantuan ini benar-benar dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya untuk memenuhi kebutuhan untuk mendukung usaha tani kedepannya,” pungkasnya. (AM)

______________

Catatan Redaksi: Apabila ada pihak yang merasa dirugikan dan/atau keberatan dengan penayangan artikel dan/atau berita tersebut di atas, Anda dapat mengirimkan artikel dan/atau berita berisi sanggahan dan/atau koreksi kepada Redaksi kami, sebagaimana diatur dalam Pasal 1 ayat (11) dan (12) Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers. Artikel/berita dimaksud dapat dikirimkan melalui email: [email protected]. Terima kasih.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA