by

Manfaat Dan Kandungan Habbatussauda

KOPI, Jakarta – Habbatussauda (Jintan Hitam/Nigella Sativa) adalah tanaman obat berukuran kecil yang tumbuh di berbagai tempat. Walaupun kadang tanaman ini sering tidak dipedulikan, namun ternyata menyimpan khasiat untuk dijadikan sebagai obat.

Tanaman ini ibaratnya adalah super apotik herbal, karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit.

Sifat Tanaman Habbatussauda

Tanaman ini berukuran kecil, tetapi besar nilai dan kandungannya bagi kesehatan. Menggunakan tanaman ini sebagai terapi penyembuhan berbagai penyakit bukanlan barang baru, melainkan sudah diketahui sejak jaman dahulu, yaitu setua umur manusia itu sendiri.

Tidak dapat dipungkiri bahwa terapi dengan tanaman obat ini lebih baik daripada terapi dengan obat-obatan kimia sintetis. Dibandingkan dengan obat-obatan kimia harga tanaman herbal ini relatif murah, tersedia dimana-mana, dan tidak menimbukan efek samping yang berarti serta memiliki khasiat yang luar biasa.

Obat Kimia Menimbulkan Banyak Penyakit Baru yang Belum Dikenal

Penggunaan obat-obat kimia dalam jumlah banyak dinyatakan oleh para dokter sebagai penyebab munculnya penyakit baru. Dr. Abdulrahim Haji, dosen pengobatan natural dan terapi herba di Universitas Al-Azhar, mengatakan :

“Pengobatan dengan herba telah menunjukkan keberhasilan yang mengesankan. Penduduk Mesir telah lama menggunakan pengobatan ini. Konsepnya masih bisa ditemukan pada peninggalan dinding-dinding bangunan ibadah dan lembaran-lembaran papyrus dari Dinasti Firaun.”

Habbatussauda Menggantikan Obat Kimia

Kecenderungan masyarakat untuk kembali kepada pengobatan herbal telah diyakini oleh Dr. Abdulrahim Haji. Hal ini disebabkan munculnya bebagai penyakit baru yang tidak dikenal sebelumnya.

Resiko dan efek samping yang kompleks pada obat-obat kimia tidak terdapat pada pengobatan secara natural atau herbal. Berbagai riset telah membuktikannya. Oleh karena itu bagi para penderita sakit yang mengalami alergi terhadap obat kimia maka pengobatan dengan herbal menjadi sangat berguna.

Kandungan Habbatussauda

Fosfat, zat besi, fosfor dan karbohidrat adalah zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia yang terkandung didalam habbatussauda. Ia juga mengandung antibiotik yang mampu menghancurkan setiap jenis bakteri.

Kandungan lain yang terdapat didalam habbatussauda adalah karoten yang merupakan zat anti kanker, hormon-hormon seks yang berfungsi untuk menguatkan, meningkatkan vitalitas dan  menyuburkan, serta melancarkan pengeluaran urine dan cairan empedu, mengandung enzim-enzim pencernaan dan anti asidosis.

Zat-zat analgesik dan zat-zat perangsang juga terdapat di dalam habbatussauda. Kemampuan habbatussauda yang lain yang baru diketahui adalah berfungsi meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh dalam mencegah serangan , sekaligus menghilangkan penyakit.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA