by

Manfaat Daun Jati Belanda

KOPI, Jakarta – Jati  Belanda (Guazuma ulmifolia) yaitu tanaman yang dikenal sebagai  jenis tanaman obat suku Sterculiacea. Manfaat daun jati belanda sudah populer dikalangan para peramu herbal dan jamu tradisional sebagai obat pelangsing.

Di Jawa, tanaman ini dinamai jati londa atau jatos landi. Tanaman ini adalah tumbuhan yang tumbuh hingga tingginya mencapai lebih kurang sepuluh meter dan memiliki batang yang keras, bulat, permukaan kasar, banyak alur, berkayu, bercabang, warna hijau keputih-putihan, tangkai berwarna hijau, dengan daun yang halus kelabu-hijau daun, dan berbentuk lonjong. Tanaman ini memiliki daun tunggal, bulat telur, permukaan kasar, tepi bergerigi, ujung runcing, pangkal berlekuk, pertulangan menyirip, panjang 10-16 cm, lebar 3-6 cm dan  warna hijau.Tanaman ini telah lama tumbuh di Indonesia, dan banyak ditemui baik di Sumatra maupun di Jawa.

Tanaman ini sangat mudah tumbuh, karena itu dia tidak butuh air yang banyak dan tidak memerlukan perawatan khusus. Tanaman ini yang paling banyak dimanfaatkan sebagai obat adalah daunnya, walaupun buah dan  biji juga memiliki khasiat untuk dijadikan obat yang bisa memulihkan kesehatan kita. Namun, tetap perlu kehati-hatian dalam menggunakan daun dan biji tanaman ini sebagai obat. Pasalnya, bila terlalu berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan usus. Karena itu, selain bagian daunnya, pemanfaatan bagian lain jati belanda saat ini relatif jarang dan memang belum ada uji toksiknya.

Seiring dengan perkembangan teknologi belakangan diketahui bahwa daun tanaman ini dipercaya memiliki manfaat lebih dari itu, yakni berpotensi untuk dikembangkan sebagai herba pengontrol kolesterol.  Dan masih banyak lagi manfaat dari daun Jati Belanda dalam kehidupan kita sehari-hari, berikut diantaranya :

Manfaat Daun Jati Belanda:

  • Mengatasi masalah berat badan atau sebagai obat pelangsing.
  • Menekan resiko penyakit diare
  • Mengontrol laju kolesterol
  • Melindungi pembuluh darah Jantung
  • Mampu menurunkan kadar Lipid darah
  • Bisa dijadikan obat alternatif antihiperlipidemia

Cara Penggunaan Daun Jati Belanda:

  • Jemur daun tanaman ini hingga kering.
  • Seduh dengan air panas bila ingin mengkonsumsinya sebagai pengganti teh.
  • Atau bisa juga dengan menumbuknya hingga halus lalu dijadikan ekstrak atau serbuk.

Hal yang harus diperhatikan:

  • Disarankan untuk berhati-hati mengkonsumsi ramuan ini, jangan berlebihan atau konsultasikan dahulu kepada herbalis anda.
  • Efek setelah minum, buang air lancer, mudah berkeringat dan kotoran menjadi berlemak karena peluruhan lemak.
  • Bila anda minum teh ini untuk pertama kali, mungkin perut anda akan mules dan sering BAB, oleh karena itu imbangi dengan banyak minum air putih.
  • Sebaiknya diminum sebelum tidur sehingga pagi hari anda lancar BAB.
  • Sebaiknya hentikan atau kurangi dosis pemakaian, bila mengalami BAB yang berlebihan.

Produk Daun Jati Belanda

Saat ini produk berbahan Daun Jati Belanda sudah banyak beredar dipasaran. Salah satunya adalah produk teh jati belanda yang diproduksi oleh UD. Rachma Sari untuk TAZAKKA GROUP.

Demikianlah artikel tentang manfaat daun Jati Belanda dibuat dari berbagai sumber, semoga bermanfaat. Anda juga bisa melihat artikel lain tentang Habbatussauda, Jamur Lingzhi, Minyak Zaitun dan Manfaat Daun Jati Cina.

Kunjungi juga kami di www.ppwinews.com dan www.persisma.org

Ingin berkontribusi dalam gerakan jurnalisme warga PPWI…? Klik di sini

Comment

WARTA MENARIK LAINNYA